Share-Klaim lagu produksi

Bingung mau bertanya di forum apa? Ini tempat bertanya untuk pemula tentang apapun audio, bahkan hal dasar sekalipun. Jangan khawatir, Anda tidak akan diketawain !
Postingan yang ada di sini selanjutnya akan dipindahkan oleh admin ke subforum yang sesuai apabila dibutuhkan.
Peraturan Forum
Anda sudah login tetapi hanya bisa membaca postingan member lain ? Berarti Anda harus memperkenalkan diri terlebih dahulu secara lengkap pada subforum PERKENALAN MEMBER !
Untuk member yang sudah memposting perkenalan tapi masih belum bisa membalas postingan member lain berarti perkenalan Anda belum di approved admin. Silakan bersabar untuk menunggu 1 x 24 jam.
Apabila postingan Anda belum di approved setelah 1x24 jam, silakan kontak admin di admin@artsonica.com !
Post: 2
Bergabung: 12 Okt 2015, 15:07

Share-Klaim lagu produksi

Postoleh AJSapphire » 25 Okt 2015, 11:32

Halo, saya ingin bertanya, misalnya kita sudah produce lagu ciptaan kita sendiri, original buatan kita. Nah, jika kita ingin share lagu tsb ke web2/media internet, apakah ada kemungkinan lagu itu akan di klaim oleh org lain? Atau aman2 saja untuk share lagu ciptaan sendiri? Atau memang ada aturan dan prosedur sendiri untuk bisa share lagu tsb agar aman? Trims. :-)

Share-Klaim lagu produksi

Sponsor

Sponsor
 

Avatar pengguna
Post: 60
Bergabung: 27 Mar 2014, 00:02
Lokasi: Kuningan, Jawa Barat

Re: Share-Klaim lagu produksi

Postoleh febyafriwan » 27 Des 2015, 15:45

AJSapphire menulis:Halo, saya ingin bertanya, misalnya kita sudah produce lagu ciptaan kita sendiri, original buatan kita. Nah, jika kita ingin share lagu tsb ke web2/media internet, apakah ada kemungkinan lagu itu akan di klaim oleh org lain? Atau aman2 saja untuk share lagu ciptaan sendiri? Atau memang ada aturan dan prosedur sendiri untuk bisa share lagu tsb agar aman? Trims. :-)


Ketika kita share karya yang belum kita daftarkan ke HAKI, ada dua kepentingan yang bisa terjadi:
1. Kepentingan kita sebagai produser dalam mempromosikan karya,,
2. Kemungkinan adanya klaim dari pihak lain, bahkan bisa direproduce dengan kualitas yang lebih baik dari kita, misal bila studio/gear/SDM dia lebih baik daripada kita.

Untuk amannya, maka setiap karya yang sudah kita rekam dengan standar pendengar, kita harus mendaftarkan karya tersebut, wong bayi lahir aja harus langsung bikin akta kelahiran, hehehehehe.... :mrgreen:

Salam,,,

Site Admin
Avatar pengguna
Post: 1583
Bergabung: 23 Des 2013, 06:53
Lokasi: Jakarta & Bandung

Re: Share-Klaim lagu produksi

Postoleh agushardiman » 24 Feb 2017, 13:46

AJSapphire menulis:Halo, saya ingin bertanya, misalnya kita sudah produce lagu ciptaan kita sendiri, original buatan kita. Nah, jika kita ingin share lagu tsb ke web2/media internet, apakah ada kemungkinan lagu itu akan di klaim oleh org lain? Atau aman2 saja untuk share lagu ciptaan sendiri? Atau memang ada aturan dan prosedur sendiri untuk bisa share lagu tsb agar aman? Trims. :-)


Saya ikutan jawab....tolong di catat bahwa SAYA BUKAN AHLI HUKUM, apa yang saya tulis mungkin tidak sepenuhnya benar :D

Menurut hukum di dunia maupun di Indonesia, HAK CIPTA otomatis timbul saat seseorang menciptakan lagu, tanpa harus mendaftarkan ke HAKI.
Bisa merujuk ke Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta pada Bab 1 Pasal 1 ayat 1 ini :
BAB I KETENTUAN UMUM
Pasal 1
Dalam Undang-Undang ini yang dimaksud dengan:
1. Hak Cipta adalah hak eksklusif pencipta yang timbul secara otomatis berdasarkan prinsip deklaratif setelah suatu ciptaan diwujudkan dalam bentuk nyata tanpa mengurangi pembatasan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
Dan lagu ciptaan ini harus ada dalam bentuk fisik, misalnya file di flashdisk (walau bisa di debat apa ini merupakan bentuk fisik atau bukan), atau CD audio atau di kaset atau dalam tulisan notasi dan lirik dsb.

Kata-kata "berdasarkan prinsip deklaratif" pada UU ini juga mengandung arti bahwa pemakai/pelantun pertama yang dianggap sebagai pencipta, dimana lawan artinya adalah "berdasarkan prinsip konstitutif" dimana seorang pencipta lagu harus mendaftarkan dulu ke Dirjen HAKI.

Hanya untuk keamanan, apabila di daftarkan ke HAKI, pencipta akan lebih kuat saat bersengketa di pengadilan (mesti diingat juga pendaftaran di Dirjen HAKI memakan waktu berbulan-bulan).
Tetapi sekali lagi, pendaftaran ke HAKI itu BUKAN KEHARUSAN untuk seseorang mendapatkan hak cipta (karena hak cipta otomatis ada saat tercipta).

Dalam jaman digital seperti ini, penggunaan situs social media atau video sharing seperti Youtube, twitter, instagram dsb dimana kita TIDAK dapat mengubah tanggal dari upload lagu, maka hal ini bisa juga dipakai untuk memperkuat bukti bahwa kita adalah pemilik hak cipta lagu tsb. Untuk hal ini, saya belum pasti, tapi menurut logika saja hahahaha

Demikian pendapat saya, sekali lagi saya ulang bahwa SAYA BUKAN AHLI HUKUM, silakan konsultasi dengan ahlinya.

Gimana pendapat yang lain ?

Salam
AGUS HARDIMAN
http://www.AgusHardiman.com - Jasa produksi musik & seminar audio
http://www.ArtSonica.com - HOME of ArtSonica
http://www.School.ArtSonica.com - Sekolah music production
http://www.Blog.ArtSonica.com - Artikel & tips audio GRATIS !
http://www.youtube.com/ArtSonica - Channel youtube
http://www.Books.ArtSonica.com - Buku audio & music production COMING SOON !
http://www.JobMusik.net - Situs Portal Jasa Musik Indonesia

Kembali ke NEWBIE AUDIO

Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: Baidu [Spider] dan 1 tamu