Slow Orchestral Piece

Posting link musik atau video musik produksimu dan sertakan info proses pembuatannya untuk promosi sekaligus mendapat saran dari member lain.
Peraturan Forum
Member yang ingin memposting link lagu atau video musik di subforum ini WAJIB menyertakan info tentang proses produksinya seperti software atau hardware yang digunakan dan cerita dibaliknya.
Posting yang tidak menyertakan info ini akan DIHAPUS oleh admin tanpa pemberitahuan terlebih dahulu !

Disarankan Anda juga aktif memposting komentar karya member lain supaya musik Andapun ada yang tertarik untuk mengomentari.

____________

Anda sudah login tetapi hanya bisa membaca postingan member lain ? Berarti Anda harus memperkenalkan diri terlebih dahulu secara lengkap pada subforum PERKENALAN MEMBER !
Untuk member yang sudah memposting perkenalan tapi masih belum bisa membalas postingan member lain berarti perkenalan Anda belum di approved admin. Silakan bersabar untuk menunggu 1 x 24 jam.
Apabila postingan Anda belum di approved setelah 1x24 jam, silakan kontak admin di admin@artsonica.com !
Post: 21
Bergabung: 19 Mei 2014, 12:00

Slow Orchestral Piece

Postoleh Sam Umar » 03 Jan 2015, 17:09

Halo kembali para Artsonicers :D

Saya mau share karya baru, yang merupakan lanjutan dari trek "Here They Come!" dan "We're Not Going To Make It!" yang pernah saya share di forum ini.

https://soundcloud.com/sammusic-productions/are-we-done-yet

Cerita yang ingin diangkat adalah, setelah mengalami pertempuran hebat dengan alien sang invader, para heroes/heroine merasa terkalahkan oleh musuh mereka ini, sehingga musik yang diangkat berkesan sedih / galau. Strukturnya berawal dari efek yang melantun panjang, yang lalu ditengahi oleh alunan melodi pada string section. Instrumen trumpet, biola, dan selo lalu mengambil alih per bagian sebelum sampai ke bagian yang mengulang tema awal tapi dengan kesan yang lebih dramatis. Akhirnya musik ditutup dengan melodi synth yang diambil dari lagu "Here They Come!". Maksudnya supaya ada kesinambungan antar lagu, gitu. ;)

Komposisi dan orkestrasinya dikerjakan di Cubase Pro 8 (baru saja ugrade nih.. huhuyy! :mrgreen: ). Dan setelah menjajal seadanya, saya sangat terkesan dengan tampilan dan berbagai fitur baru di Cubase Pro 8 ini. Bedaaa jauuuhh dengan Cubase 5 yang saya pakai sebelumnya heheh. Salah satu fitur yang sangat membantu adalah adanya gambar spektrum di channel EQ, yang mungkin sudah ada sejak Cubase versi 7. Betul gak, mas Agus Hardiman?

Kalau di Cubase 5, saat melakukan EQ-ing, saya hanya mengandalkan telinga sambil mencari-cari di mana frekuensi yang salah. Tapi setelah ada gambar spektrum ini di Cubase Pro 8, saya bisa langsung melihat frekuensi mana yang salah, sehingga bisa diperbaiki dengan cepat. Tentunya peran telinga tetap digunakan donk hehehe :D

Mixing Are We Done EQ 800.jpg
Mixing Are We Done EQ 800.jpg (127.35 KiB) Dilihat 2009 kali


Selain itu, saya juga mencoba fitur yang baru diperkenalkan di Cubase Pro 8, yakni VCA Fader. Dengan fitur ini, saya bisa menggabungkan beberapa channel, lalu menggunakan channel VCA Fader ini untuk mengatur volume dari channel-channel yang telah dihubungkan tadi, tanpa mengubah struktur gain mereka.

MixConsole-nya juga berpenampilan aduhay hehe (di Cubase 5 disebut mixer). Semua parameter mixing bisa diakses dengan cepat dan mudah. MixConsole juga sudah dilengkapi dengan fitur meter, yang bisa kita pilih. Kalau saya biasa pakai K-Meter. Mantap lah pokoknya. B-)

Mixing Are We Done B 800.jpg
Mixing Are We Done B 800.jpg (154.93 KiB) Dilihat 2009 kali


Oh ya satu lagi, fitur render in place juga sangat membantu karena kita bisa langsung merender file MIDI ke file audio dengan cepat, gak perlu atur-atur locater (start point - end point), lalu buka file - mixdown, tapi bisa langsung klik kanan di kotak MIDI-nya dan pilih render in place, dan beres. :-bd

Anyway, selamat mendengarkan. Saran dan kritik selalu dinantikan.

Salam,
Sam

Slow Orchestral Piece

Sponsor

Sponsor
 

Site Admin
Avatar pengguna
Post: 1583
Bergabung: 23 Des 2013, 06:53
Lokasi: Jakarta & Bandung

Re: Slow Orchestral Piece

Postoleh agushardiman » 05 Okt 2015, 04:05

Kereeen nih mas Umar....salut utk daya imajinasinya :-bd
Thanks juga utk sharingnya yg detil...

Sukses terus mas !

Salam.
AGUS HARDIMAN
http://www.AgusHardiman.com - Jasa produksi musik & seminar audio
http://www.ArtSonica.com - HOME of ArtSonica
http://www.School.ArtSonica.com - Sekolah music production
http://www.Blog.ArtSonica.com - Artikel & tips audio GRATIS !
http://www.youtube.com/ArtSonica - Channel youtube
http://www.Books.ArtSonica.com - Buku audio & music production COMING SOON !
http://www.JobMusik.net - Situs Portal Jasa Musik Indonesia

Kembali ke Musik Member

Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: Tidak ada pengguna yang terdaftar dan 2 tamu