Instrumental Solo Piano

Posting link musik atau video musik produksimu dan sertakan info proses pembuatannya untuk promosi sekaligus mendapat saran dari member lain.
Peraturan Forum
Member yang ingin memposting link lagu atau video musik di subforum ini WAJIB menyertakan info tentang proses produksinya seperti software atau hardware yang digunakan dan cerita dibaliknya.
Posting yang tidak menyertakan info ini akan DIHAPUS oleh admin tanpa pemberitahuan terlebih dahulu !

Disarankan Anda juga aktif memposting komentar karya member lain supaya musik Andapun ada yang tertarik untuk mengomentari.

____________

Anda sudah login tetapi hanya bisa membaca postingan member lain ? Berarti Anda harus memperkenalkan diri terlebih dahulu secara lengkap pada subforum PERKENALAN MEMBER !
Untuk member yang sudah memposting perkenalan tapi masih belum bisa membalas postingan member lain berarti perkenalan Anda belum di approved admin. Silakan bersabar untuk menunggu 1 x 24 jam.
Apabila postingan Anda belum di approved setelah 1x24 jam, silakan kontak admin di admin@artsonica.com !
Post: 21
Bergabung: 19 Mei 2014, 12:00

Instrumental Solo Piano

Postoleh Sam Umar » 20 Nov 2014, 09:55

Halo para ArtSonicers :mrgreen:

Saya mau share kembali karya terbaru, kali ini adalah musik instrumental solo piano.

https://soundcloud.com/sammusic-productions/glass-contemplation

Inspirasi musik ini berasal dari karya-karya salah satu komposer favorit saya, Philip Glass (mungkin karena itulah judulnya Glass Contemplation ya :mrgreen: )

Saya menulis komposisinya menggunakan Sibelius 6. Selama penulisan, saya sama sekali tidak menyentuh keyboard dalam mencari-cari nadanya, seperti yang biasa saya lakukan saat sedang "menulis" menggunakan DAW. Dan setelah selesai pun, saya sama sekali belum pernah mencoba memainkannya di keyboard saya hehehe.

Anyway, ini potongan gambar partitur di Sibelius 6.

Glass Contemplation Final.png
Glass Contemplation Final.png (173.06 KiB) Dilihat 913 kali


Setelah itu, saya save ke file MIDI, dan file MIDI tersebut saya impor di Cubase. Saya memilih sound dari VST Alicia's Keys, dan karena karakter soundnya sudah saya suka, jadinya saya gak melakukan apa-apa lagi. Reverb/Room-nya juga langsung saya terapkan dari Alicia's Keys, tidak menggunakan plug-in reverb lain. Dalam proses mixing, saya hanya mengatur kembali panjang-pendek sustainnya dari editor window pada Cubase seperti ini:

Glass Contemplation Sustain Dynamics A.png
Glass Contemplation Sustain Dynamics A.png (234.01 KiB) Dilihat 913 kali


Setelah itu, saya mengubah tempo musiknya. Sewaktu menulis di Sibelius, saya menetapkan tempo di 70 bpm. Di Cubase, tempoya saya naikkan dan turunkan di sekitar 70 bpm, supaya dapat menghadirkan kesan bahwa ini dimainkan secara langsung, dan "sang pianis" tidak menggunakan metronom saat memainkannya.

Glass Contemplation Tempo Changes A.png
Glass Contemplation Tempo Changes A.png (144.95 KiB) Dilihat 913 kali


Nah, setelah merasa puas, baru deh saya bounce ke Wav dan saya mastering. :D

Selamat mendengarkan. Kritik dan saran selalu dinantikan ;)

Salam.

Instrumental Solo Piano

Sponsor

Sponsor
 

Kembali ke Musik Member

Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: Tidak ada pengguna yang terdaftar dan 2 tamu