Proses Penggarapan Scoring FIlm Maha Guru Merapi

Posting link musik atau video musik produksimu dan sertakan info proses pembuatannya untuk promosi sekaligus mendapat saran dari member lain.
Peraturan Forum
Member yang ingin memposting link lagu atau video musik di subforum ini WAJIB menyertakan info tentang proses produksinya seperti software atau hardware yang digunakan dan cerita dibaliknya.
Posting yang tidak menyertakan info ini akan DIHAPUS oleh admin tanpa pemberitahuan terlebih dahulu !

Disarankan Anda juga aktif memposting komentar karya member lain supaya musik Andapun ada yang tertarik untuk mengomentari.

____________

Anda sudah login tetapi hanya bisa membaca postingan member lain ? Berarti Anda harus memperkenalkan diri terlebih dahulu secara lengkap pada subforum PERKENALAN MEMBER !
Untuk member yang sudah memposting perkenalan tapi masih belum bisa membalas postingan member lain berarti perkenalan Anda belum di approved admin. Silakan bersabar untuk menunggu 1 x 24 jam.
Apabila postingan Anda belum di approved setelah 1x24 jam, silakan kontak admin di admin@artsonica.com !
Post: 19
Bergabung: 11 Feb 2014, 06:08

Proses Penggarapan Scoring FIlm Maha Guru Merapi

Postoleh Andios Resioktopa » 05 Okt 2014, 03:02


Link OST


Link TRAILER

Asalamualaikum wr,wb.
Salam sejahtera untuk semua pecinta musik Indonesia, disini saya ingin berbagi pengalaman saya di saat proses pembuatan music scoring untuk film documenter mahaguru merapi. yang dimana saya membuat komposisi, mixing, mastering. dan ternyata menyita pikiran saya, hingga hasilnya menurut saya masih kurang maksimal.

oiya, sekedar info, fil Dokumenter Maha Guru Merapi bisa di tonton gratis, jika teman2 saudara berkunjung ke Museum Gunung Api jogja kaliurang. :) :) :)

ok… langsung curhat ya..

Pertama dapat sms ketika di tawari untuk mengerjakan scoring film, yang ada di pikiran saya, ah,,, gampang, sama kaya compose lagu biasa, yang agak membingungkan.. ternyata disaat saya di suruh mengajukan RAB(rancangan anggaran biaya), duh.. ini,, dalam batin saya, karena jujur RAB saya sama sekali tidak tau apa itu. karena di sambil jadwal padat saya untuk aransemen orchestra, saya ga ambil pusing,, ahh,, biar sambil jalan, nah.. karena terbiasa apa2 saya sudah ada yang urus, jadi masalah pembuatan RAB membuat saya pusing, karena berpikir ini projek, diminta dari teman. Saya terasa sungkan untuk meminta budget yang agak tinggi. Bermodal templat daftar isi yang saya buat di waktu skripsi, jadilah, RAB versi saya,, :)) :)) :)) (wkwkwk ngakak bener kalo liat itu)


Yups.. langsung aja ya ke proses Penggarapan Scoring Maha Guru Merapi.

Berikut, garis besar proses yg saya lalui.

1. Preview video,
2. Riset refrensi musik.
3. Analisa musk
4. Analisa folley
5. Pembuatan konsep
6. Pengumpulan sfx
7. Hunting pemain instrumen
8. Pengumpulan data narasi
9. Pengumpulan data atmosphere
10. Preview team
11. Merancang akord
12. Penulisan komposisi lagu
13. Editing folley
14. Orkestrasi
15. Preview team
16. Cetak partitur
17. Latihan pemain instrumen
18. Rekaman orkestra
19. Rekaman midi
20. Editing soundtrack
21. Mixing soundtrack
22. Preview team
23. Final revisi
24. Pengumpulan karya



- Proses Pengerjaan scoring Maha Guru Merapi

Bersama team dari GMM (Garuda Mitra Media), Sigid Nugroho(Producer), Ilman Hidayaat (Director), Asyari Yudhi Irvansyah(sound director), disini saya menerima penjelasan tentang, pingin nya mereka, dalam film ini musik dan sound yang ingin dibuat seperti apa.

Riset musik, Nah, di proses ini, saya sama sekali tidak melaluinya, ini yang mebuat saya agak kelabakan, dan sempat buntu, harusnya dengan riset, semua materi,bahan/konsep musik yang ingin kita buat sudah ada di kepala/di catatatan, karena berhubung jadwal saya tidak memadai, jadi sayang langsung ke tahap proses, padahal, dari semua composer yang saya baca behind the scene pembuatan scoring film nya, contoh nya seperti John Wiliam, ternyata bisa menghabiskam riset berbulan2 hanya di gunakan untuk “menghayal” di suatu tempat yg tenang seperti villa, pantai gunung etc. Untuk membayangkan Harry poter misal nya. Tapi sya ? astagah,, jangan sampe teman2ikut2an ya.. kalo ga mau pusing,,,

Ok.. langsung saja ke proses pembuatan musik nya.

Pertama yang saya lakukan adalah membuka DAW andalan saya, yaitu Cubase 5. Kemudian saya import video(mp4,mov dll), setelah video berhasil di load, hal berikut yang saya lakukan adalah, membuka projeck setup(atau dengan shorcut > shift+S,) pada bagian Frame rate, klik gate from video, hal ini di lakukan supaya file video tidak beruabah sewaktu di import ke cubase, jadi kita hasil audio di tempel di video, durasi udah sama. Untuk menhindari audio dan video tidak syncron.


Gambar
(shift+S pada cubase)

Langkah berikutnya, saya mengeset tempo, agar sesuai dengan gambar, dalam proses ini saya menggunakan trak tempo pada cubase. Untuk mengatur tempo agar bisa membuat tempo ato mengeset agar. Hentakan seperti suara gunung meletus, sesuai dengan tempo,, jadi ketika tempo sdh sesuai, kita lebih enak meng explore pembuatan musiknya, walaupun ternyata ketika sudah selesei menggambar tempo, sering saya rubah lagi,, karena menyusaikan mod saya ketika membuat musik nya.
Karena string yang saya buat akan di mainkan live(recording) ,Ketika proses pembuatan midi orkestra, saya rekam menggunakan kibord controler, namun di midi track. Saya edit sesuai dengan not yang akan di main kan player, jadi ketika saya import ke sofware sibelius 6 (notasi sofware) saya hanya perlu editing sedikit.

Setelah melalui malam yang kelam dalam proses penggarapan, sampai lah saya ke proses editing part yang akan di mainkan player string, violin 1, violin 2, viola, cello, cbas, trompet, trombone. Projek saya di cubase yang sudah selesei, saya import menjadi midi file, sesuai instrumen yang nantinya akan di mainkan live.

Untuk mengimport file midi ke Sibelius , pilih file>open>data midi.
Gambar
(Import file midi ke Sibelius)

Gambar
(Memilih file midi untuk di buka di Sibelius)

lalu pilih open file midi.
Lalu akan keluar gambar seperti ini :

Gambar
(Proses import file midi ke Sibelius)

selanjutnya pilih ok.

Maka akan keluar di software notasi:

Gambar
(contoh notasi dari file midi sebelum editing.)

Yup.. setelah selesei editing. Part saya prin dong,,, dan kemudian untuk di serahkan ke pemain.

Gambar
(Part untuk biola 1 siap print)

Lanjut ke proses berikutnya, adalah recording. Karena di kamar saya tidak memungkinkan untuk rekaman string, maka saya menyewa studio Kuaetnika, padepokan bagong yang berada di bangun jiwo kasihan bantul jogjakarta.

Gambar
(Ruang kontrol kuaetnika studio)

Dalam proses ini ada sedikit ganguan sebelum take, karena tidak ada waktu untuk latihan, jadi saya harus menggarap string terlebih dahulu sebelum di rekam, dan akhirnya memakan waktu untuk recording,, wkwkwkkw (efek kurang tidur) . setelah sekitar 4 jam mengarahkan musisi string, siaplah ke proses recording, yups.. cek sound,, cek klik miking dll selesei,, ok.. take ya,, tek tuk tuk tuk suara klik... dan ternyata,, jlebbbbb,, mati listrik nya,,, hahahaha seru banget kalo inget,, ternyata listrik daerah studio memang baru bermasalah, dan 3 jam lebih menanti listrik hidup,, ak kunjung hidup,, yups... take akhirnya di pindah kan ke hari berikutnya,

:ymsigh: :ymsigh:

Gambar
(teman2 musisi dari kiri :Tunes, Bono, borist, kike, Ghana, Febri, Sagaf, Dior, Alex)

Gambar
(Mengarahkan musisi sesaat sebelum recording)

Gambar
(Dalam keadaan mati listrik. Dimanfaat kan teman2 musisi untuk bobok manis) :lol: :? :shock: :( :) :D :o

yups lanjuttt... (*) :-j (*) (*)

setelah semua proses recording, saya kembali ke kost studio saya(karena saya masih anak kos) wkwkwk,, untuk proses mixing..
dan ternyata karena keterbatasan waktu saat recording, banyak intonasi yang tidak sesuai(fales), namun untuk di tuning tidak memungkin kan di karena kan disaat recording string adalah live, jadi bocoran dari instrumen lain tidak memungkinkan saya untuk melakukan tuning, jadi untuk sedikit mengakalimya, saya double lah string dengan VST instrumen, untuk string saya menggunakan EQWL Gold dan silver, nah,,, tidak cuman di situ masalah nya, suara violin, ternyata ada bagian2 yang suaranya menusuk telinga saat bagian pemain menggesek nya bukan di nadanya, (Stress cuy,,,) saya coba masukan deeser, ehhh tone violin jadi berubah, saya eq semalan, karakter jadi beda,, ah..... setelah melalui malam panjang tidak lupa ditemani kopi, akhirnya saya hanya eq sedikit hig freq nya,, tidak banyak, kira2 -6 lah di cut nya.. masih terasa sih suara menusuk nya,,, ah,,,, batin saya,, lewat dulu, aja nih bikin pusing, langsung lah saya mix, dengen menambah kan reverb darii CSR, dan wowwww,,,, di saat utak atik seting reverb ngawur,, ternyata suara menusuk nya tersamarkan,, hmm,,,, harusnya dari pertama saya masukan reverb, wkwkwkwkwkw

,,,
bersama Asyari Yudhi Irvansyah(sound director), review dan editing foley, yesss bungkus.. wokee... ada kebahagiaan yang tak bisa di gambarkan, wkwkwk

tahap berikutnya,,, mastering,,

dalam proses mastering, tidak begitu banyak proses yg saya lakukan, saya hanya menggunakan metode dari Orang hebat yaitu mas Indra Q, (psp vintage meter tls pocket limeter bla bla bla ) yg saya dapat ketika masih ikut aktif di forum musiktek.com,


yes,,,,, RENDER dan finish,,,,


untuk para musisi mungkin sedikit pesan, jangan sampai kita asik bermusik, tapi lupa matematika, karena musik sendiri sebenarnya banyak matematika,
sempatkan lah untuk mengetahui, cara membuat RAB, proposal, dsb.pasaran harga seperti kalo membuat scoring, jingle, minus one dll, dari pasaran harga, itu,, bisa jadi patokan kita untuk “menghargai” diri kita sendiri, karena dari pengalaman saya saat proses scoring ini, proses dan pembuatan tu bener2 memakan waktu dan pikiran, jadi jangan ragu untuk menentukan seberapa layak kita di hargai, seberapa layak waktu kita tenaga pikiran di hargai, hehehe

yup, begitu mungkin kira nya cerita yang bisa saya bagi. Kalau ada kurang atau ada yang tidak berkenan mohon di maafkan, apalagi jika tulisan berantakan mohon di maafkan dikarenakan memang ga biasa nulis, kwkwkw. \peace !

oiya, link ost yang di youtube sebenrnya ada di siapkan sendiri oleh tim untuk behind the scenes dll, tapi di karenakan saya ga sabar, jadi saya uplut sendiri menggunakan data yg saya punya, yang saya edit melalui iMovie, hehe jadi harap maklum kualitas nya jelek,,

salam.
Andios Resioktopa


Gambar
(Inilah penampakan tempat saya Nyangkul,)

Client : Kementrian Energi Sumberdaya Mineral | Badan Geologi | Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi | Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi
Production : Garuda Mitra Media
Produser : Sigid Nugroho
Director : Ilman Hidayat
Cameraman : Ardly Maruf, Ilman Hidayat
Art Director : Wisnu Kusuma
Music Director : Asyarhi Yudhi Irvansyah
Music composer : Andios Resiok Topa Editor : Kern Syena, Hazmi Iskandar
Copyright 2014

Dahsyatnya erupsi Merapi tahun 2010 mengakibatkan 3.000 rumah habis tersapu awan panas merapi, lebih dari 3-ribu binatang ternak mati, 398 jiwa ditemukan dalam kondisi tak bernyawa, lebih dari 800-orang kehilangan usahanya, perekonomian lumpuh, kerugian materil mencapai 3,5 triliun rupiah.

Film ini mencoba mengungkap peristiwa Erupsi Merapi 2010 dari aspek scientific. Secara kronologis bagaimana manajemen krisis tanggal 26 Oktober 2010 berjalan, mulai dari munculnya gejala awal, catatan sejarah letusan besar ratusan kali sebelumnya yang berimplikasi terhadap pola letusan dan perubahan ancaman, analisa parameter kunci dalam setiap pengambilan keputusan untuk menentukan perubahan status aktivitas, perubahan morfologi puncak Merapi, kecenderungan letusan Gunung Merapi di masa mendatang, hingga perubahan tata ruang kawasan rawan bencana Gunung Merapi yang harus mampu menjamin rasa aman dari ancaman erupsi dan kerusakan lingkungan.

Proses Penggarapan Scoring FIlm Maha Guru Merapi

Sponsor

Sponsor
 

Site Admin
Avatar pengguna
Post: 1583
Bergabung: 23 Des 2013, 06:53
Lokasi: Jakarta & Bandung

Re: Proses Penggarapan Scoring FIlm Maha Guru Merapi

Postoleh agushardiman » 05 Okt 2014, 04:48

Pertama2, Congrats utk proyeknya \m/

Kedua, thanks utk cerita proses produksinya, sangat mencerahkan & pasti bermanfaat utk member2 lainnya :ymhug: Karena alasan ini, topiknya saya jadikan sticky, semoga jadi contoh utk member lainnya, bagaimana seharusnya sharing proses produksi suatu musik ;)

Nice trik yg 'Get From Video' utk frame rate-nya :-bd

Poin penting juga utk ketahui hal-hal diluar teknis produksi musik spt hitungan budget dsb :-bd

Yang mau saya tanyakan :
1) Berapa total durasi filmnya ?
2) Waktu loading file video ke Cubase, berapa resolusi videonya ?

Sekali lagi congrats ya !

Salam.
AGUS HARDIMAN
http://www.AgusHardiman.com - Jasa produksi musik & seminar audio
http://www.ArtSonica.com - HOME of ArtSonica
http://www.School.ArtSonica.com - Sekolah music production
http://www.Blog.ArtSonica.com - Artikel & tips audio GRATIS !
http://www.youtube.com/ArtSonica - Channel youtube
http://www.Books.ArtSonica.com - Buku audio & music production COMING SOON !
http://www.JobMusik.net - Situs Portal Jasa Musik Indonesia

Post: 19
Bergabung: 11 Feb 2014, 06:08

Re: Proses Penggarapan Scoring FIlm Maha Guru Merapi

Postoleh Andios Resioktopa » 05 Okt 2014, 23:44

agushardiman menulis:Yang mau saya tanyakan :
1) Berapa total durasi filmnya ?
2) Waktu loading file video ke Cubase, berapa resolusi videonya ?



Salam.


untuk durasi film, sekitar 25 menit mas,

nah untuk resolusi saya lupa pastinya, tapi saya convert menjadi lebih kecil mas, size nya menjadi 3gb, dan format nya .mov , sebelum nya pernah saya menggunakan mp4, sering macet2 di baca di cubase mas, jadi menghambat pekerjaan, waktu musik di buat sesuai dengan gambar, eh,,, di preview jadi geser, . :D

Post: 43
Bergabung: 01 Jan 2014, 01:51

Re: Proses Penggarapan Scoring FIlm Maha Guru Merapi

Postoleh indraq » 07 Okt 2014, 03:47

one word ... keren !

maju terus buat mas Andios.

Salam,

Avatar pengguna
Post: 10
Bergabung: 04 Jun 2014, 07:40

Re: Proses Penggarapan Scoring FIlm Maha Guru Merapi

Postoleh cahooy » 11 Okt 2014, 14:26

saluut!! ^:)^
Juoosss tenan mas!! \m/

Post: 30
Bergabung: 14 Jan 2014, 22:35

Re: Proses Penggarapan Scoring FIlm Maha Guru Merapi

Postoleh Areza riandra » 15 Okt 2014, 23:24

mantap Mas, di Jogja enak yah, banyak stock pemain strings bagus dari anak2 ISI hehehe, saya juga di jakarta selalu pake geng ISI hehe.

Post: 19
Bergabung: 11 Feb 2014, 06:08

Re: Proses Penggarapan Scoring FIlm Maha Guru Merapi

Postoleh Andios Resioktopa » 31 Okt 2014, 17:44

indraq menulis:one word ... keren !

maju terus buat mas Andios.

Salam,

terimakasih mas indra,.
jangan kapok berbagi ilmu ya… ^:)^

Post: 19
Bergabung: 11 Feb 2014, 06:08

Re: Proses Penggarapan Scoring FIlm Maha Guru Merapi

Postoleh Andios Resioktopa » 31 Okt 2014, 17:46

cahooy menulis:saluut!! ^:)^
Juoosss tenan mas!! \m/


Terimakasih mas...


Areza riandra menulis:mantap Mas, di Jogja enak yah, banyak stock pemain strings bagus dari anak2 ISI hehehe, saya juga di jakarta selalu pake geng ISI hehe.

oh ya mas >?? biasa nya sama siapa kalo rekaman string mas..

Kembali ke Musik Member

Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: Tidak ada pengguna yang terdaftar dan 3 tamu