SHARING MUSIK ROHANI (GEREJA)

Posting link musik atau video musik produksimu dan sertakan info proses pembuatannya untuk promosi sekaligus mendapat saran dari member lain.
Peraturan Forum
Member yang ingin memposting link lagu atau video musik di subforum ini WAJIB menyertakan info tentang proses produksinya seperti software atau hardware yang digunakan dan cerita dibaliknya.
Posting yang tidak menyertakan info ini akan DIHAPUS oleh admin tanpa pemberitahuan terlebih dahulu !

Disarankan Anda juga aktif memposting komentar karya member lain supaya musik Andapun ada yang tertarik untuk mengomentari.

____________

Anda sudah login tetapi hanya bisa membaca postingan member lain ? Berarti Anda harus memperkenalkan diri terlebih dahulu secara lengkap pada subforum PERKENALAN MEMBER !
Untuk member yang sudah memposting perkenalan tapi masih belum bisa membalas postingan member lain berarti perkenalan Anda belum di approved admin. Silakan bersabar untuk menunggu 1 x 24 jam.
Apabila postingan Anda belum di approved setelah 1x24 jam, silakan kontak admin di admin@artsonica.com !
Avatar pengguna
Post: 8
Bergabung: 30 Des 2013, 11:36
Lokasi: Jakarta

Re: SHARING MUSIK ROHANI (GEREJA)

Postoleh RoyHermans » 10 Feb 2014, 15:43

Biar ga sepi mau posting lagu rohani ciptaan saya.
ni lagunya tercipta pas waktu itu saya lagi sakit lama, eh bikin lagunya malah sekali jadi. tx God :D

Mau minta komentar donk tentang notasinya, lagunya sendiri belum pernah di record dengan baik. masih mentah banget, dinyanyiin ama temen. Masih belum tau kalo direcord musti gmn aransemennya.he.

cek lagunya di sini ya :

https://soundcloud.com/arthezoo/mike-parlindungan-song-by-roy

salam.

Roy Herman

Re: SHARING MUSIK ROHANI (GEREJA)

Sponsor

Sponsor
 

Post: 4
Bergabung: 30 Des 2013, 10:03

Re: SHARING Cara Menentukan Nada Dasar Sebuah Lagu di Ibadah

Postoleh edooo » 20 Feb 2014, 07:58

GospelKeyboardist menulis:Saya merasa perlu menuliskan tentang Cara Menentukan Nada Dasar pada sebuah Lagu dikarenakan saya menemukan banyak WL (Worship Leader) yg cukup kesulitan menentukan Nada Dasar pada lagu-lagu yang dipilih saat pelayanan.
Belum lagi jika bertemu dengan pemusik yang mungkin selalu mengikuti apa maunya WL dalam hal ini soal Menentukan Nada Dasar dikarenakan pemusik itu kurang mengerti Teori Menentukan Nada Dasar pada sebuah Lagu.
 
Harap di ketahui bahwa Nada Dasar yg dipilih bukan sekedar untuk membuat nyaman WL dalam bernyanyi-tapi perlu juga di ingat bahwa seorang WL memimpin Jemaat dalam bernyanyi, bahasa sederhananya adalah WL bukan sebagai Soloist yg bisa menentukan nada dasar sesuai range vokalnya.
 
Dari sudut pandang saya sebagai musisi yg mengiringi Jema'at maka nada dasar yg diambil adalah Nada Dasar Umum (rata2 pria dan wanita diatas 13th)
Lain halnya jika saya mengiringi seorang Soloist maka nada dasar 100% ditentukan sang soloist untuk kenyamanan yg maksimal.
Saya menemukan beberapa WL agak "manja" alias gak mau berusaha semaksimal mungkin untuk bisa mencapai Nada Dasar Standard-padahal setelah dicoba akhirnya bisa.
Tentu si musisi juga harus tau batas toleransi-karena walau bagaimanapun ada batas kemampuan/stamina Pita suara manusia. Idealnya dalam 12 jam seorang penyanyi untuk mendapatkan stamina vokal yang baik tidak disarankan untuk bernyanyi lebih dari 10 Lagu di Nada Standard Umum
 
Jadi idealnya seorang WL ada di range vocal Sopran(Wanita) dan Tenor (Pria)
Ingat juga bahwa Range/wilayah Nada (ambitus suara) Wanita 1 Oktaf diatas Pria.
 
Okey kembali lagi ke Topik utama...
Secara teori ada beberapa Hal yg perlu dilakukan untuk Menentukan Nada Dasar pada sebuah Lagu.
1. Carilah Not tertinggi dari lagu tersebut (secara solmisasi).
2. Minta bantuan Pemusik yg mengerti dengan benar notasi/harmoni.
3. Saya gak akan jelaskan secara rumit perhitungan Teorinya.
Cukup tau saja dan percaya dengan iman hehe...sudah teruji kok guys...
Hafalkan aja patokan ini:
Dalam solmisasi Jika Not Tertinggi di 6 maka nada dasar di F
5 di G
4-3 di A
2 di B
1 di C
 
Contoh: lagu Shout to The Lord mengapa di A:do?
ya karena nada tertinggi ada di 3' (bagian Reff)
 
4. Nada Dasar di atas mempunyai toleransi naik atau turun 1
5. Jangan melewati Nada Toleransi karena itu akan membuat Jemaat tidak nyaman dalam bernyanyi.
6. Sebenarnya hampir semua lagu P&W Khususnya Live Recording yg melibatkan Jemaat,
sudah sesuai dengan teori diatas.
Hanya saja saya menemukan "kasus" khusus beberapa WL terkenal seperti:
Israel Houghten, Sidney Mohede, Sari Simorangkir beberapa lagu mereka ada diatas wilayah nada dasar standard.
that's why saya selalu akan merubah ke nada dasar standard.
 
Contoh lagu: Lord You Are Good aslinya di E: Do
Kalau dipaksakan maka WL Pria akan kehabisan suara.
Idealnya Lagu ini dimainkan di kunci A: Do
 
Sebaliknya untuk beberapa Lagu Sari Simorangkir justru sebaliknya, harus dinaikkan ke Nada Dasar Standard.
 
Tapi ada juga beberapa kasus khusus yg saya temukan kebanyakan di lagu Pdt Ir Niko yaitu pada bagian Bait/Verse nadanya "enak" standard begitu bagian Reff/Chorus diatas standard. Nah cara menyikapinya adalah perhatikan seberapa lama/banyaknya melodi yg tinggi itu muncul. Jika 1 atau 2 kali kemunculannya bisa dipertahankan. Tapi jika tidak sebaiknya diturunkan saja-walau harus sedikit "mengorbankan" bagian awal lagu-toh pada akhirnya akan lebih banayk mengulang pada bagian Reff lagu.
 
 
Jika WL tidak nyaman dengan Nada Dasar Umum, maka sebaiknya WL harus mau belajar utk meningkatkan Range Vokalnya. Saya pribadi tidak menyarankan jika ada WL dengan ambitus/wilayah nada Alto (Wanita) dan Bass (Pria). Saran saya untuk wilayah tersebut bisa diarahkan utk mengambil suara 2.
 
Catatan buat para WL jika anda sudah yakin bahwa nada dasar lagu yg anda pilih sudah memenuhi syarat diatas maka sebaiknya dicatat dan disimpan di buku khusus-agar mempermudah dalam menentukan pilihan lagu pada pelayanan2 berikutnya-karena ini juga membantu anda untuk mengatur komposisi flowing dengan baik.
 
Take time dengan Lead Musik untuk bertukar pikiran untuk mengatur alur P&W.
So mengapa saya sangat menyarankan bagi para Leader Musik untuk belajar teori musik dasar.
 
Saya sudah berkali-kali terlibat dalam pelayanan P&W dimana terjadi lawatan Tuhan yang luar biasa di ibadah tersebut karena kita menyiapkan segala sesuatunya baik rohani dan skill kita dengan maksimal.
 
Ingat bahwa semua persiapan kita yang dibangun tiap hari itu akan dibuktikan di saat kita melayani.
 
Khusus bagi para WL dan Singers saya sarankan utuk selalu berlatih dengan alat musik, atau dengan mndengarkan mp3 secara langsung-mengapa? ini membantu anda sensitif terhadap nada. karena halu terutama dalam teknik bernyanyi adalah seberapa anda sensitif terhadap nada. Jangan segan untuk minta di dampingi/coach oleh pelatih yg benar.
Ada 2 murid yang dilatih vokal oleh istri saya-waktu ditest awal masuk dengan TalentDare (Applikasi pada iPhone/iPad) nilainya tidak bisa lebih dari D8, tapi setelah beberapa bulan di-coach dengan benar, hasil testnya sudah di Level A 21. Jadi gak ada kata tidak bisa, yang ada mau belajar dengan benar atau tidak.
 
Baiklah, Jika ada beberapa saudara masih bingung gak usah malu untuk bertanya kepada saya. Saya akan dengan senang membantu. Mari kita tingkatkan terus kualitas pelayanan P&W. GBU all
 
By PoLee Papilaya S.MG

http://www.soundcloud.com/poleepapilaya


Infonya benar2 membuka wawasan saya.
saya coba trial dengan beberapa lagu, ternyata cocok sekali diterapkan.
Thanks Bro. GBU

Avatar pengguna
Post: 64
Bergabung: 26 Des 2013, 23:39
Lokasi: Denpasar-Bali

Re: SHARING Cara Menentukan Nada Dasar Sebuah Lagu di Ibadah

Postoleh GospelKeyboardist » 20 Feb 2014, 08:06

edooo menulis:
GospelKeyboardist menulis:Saya merasa perlu menuliskan tentang Cara Menentukan Nada Dasar pada sebuah Lagu dikarenakan saya menemukan banyak WL (Worship Leader) yg cukup kesulitan menentukan Nada Dasar pada lagu-lagu yang dipilih saat pelayanan.
Belum lagi jika bertemu dengan pemusik yang mungkin selalu mengikuti apa maunya WL dalam hal ini soal Menentukan Nada Dasar dikarenakan pemusik itu kurang mengerti Teori Menentukan Nada Dasar pada sebuah Lagu.
 
Harap di ketahui bahwa Nada Dasar yg dipilih bukan sekedar untuk membuat nyaman WL dalam bernyanyi-tapi perlu juga di ingat bahwa seorang WL memimpin Jemaat dalam bernyanyi, bahasa sederhananya adalah WL bukan sebagai Soloist yg bisa menentukan nada dasar sesuai range vokalnya.
 
Dari sudut pandang saya sebagai musisi yg mengiringi Jema'at maka nada dasar yg diambil adalah Nada Dasar Umum (rata2 pria dan wanita diatas 13th)
Lain halnya jika saya mengiringi seorang Soloist maka nada dasar 100% ditentukan sang soloist untuk kenyamanan yg maksimal.
Saya menemukan beberapa WL agak "manja" alias gak mau berusaha semaksimal mungkin untuk bisa mencapai Nada Dasar Standard-padahal setelah dicoba akhirnya bisa.
Tentu si musisi juga harus tau batas toleransi-karena walau bagaimanapun ada batas kemampuan/stamina Pita suara manusia. Idealnya dalam 12 jam seorang penyanyi untuk mendapatkan stamina vokal yang baik tidak disarankan untuk bernyanyi lebih dari 10 Lagu di Nada Standard Umum
 
Jadi idealnya seorang WL ada di range vocal Sopran(Wanita) dan Tenor (Pria)
Ingat juga bahwa Range/wilayah Nada (ambitus suara) Wanita 1 Oktaf diatas Pria.
 
Okey kembali lagi ke Topik utama...
Secara teori ada beberapa Hal yg perlu dilakukan untuk Menentukan Nada Dasar pada sebuah Lagu.
1. Carilah Not tertinggi dari lagu tersebut (secara solmisasi).
2. Minta bantuan Pemusik yg mengerti dengan benar notasi/harmoni.
3. Saya gak akan jelaskan secara rumit perhitungan Teorinya.
Cukup tau saja dan percaya dengan iman hehe...sudah teruji kok guys...
Hafalkan aja patokan ini:
Dalam solmisasi Jika Not Tertinggi di 6 maka nada dasar di F
5 di G
4-3 di A
2 di B
1 di C
 
Contoh: lagu Shout to The Lord mengapa di A:do?
ya karena nada tertinggi ada di 3' (bagian Reff)
 
4. Nada Dasar di atas mempunyai toleransi naik atau turun 1
5. Jangan melewati Nada Toleransi karena itu akan membuat Jemaat tidak nyaman dalam bernyanyi.
6. Sebenarnya hampir semua lagu P&W Khususnya Live Recording yg melibatkan Jemaat,
sudah sesuai dengan teori diatas.
Hanya saja saya menemukan "kasus" khusus beberapa WL terkenal seperti:
Israel Houghten, Sidney Mohede, Sari Simorangkir beberapa lagu mereka ada diatas wilayah nada dasar standard.
that's why saya selalu akan merubah ke nada dasar standard.
 
Contoh lagu: Lord You Are Good aslinya di E: Do
Kalau dipaksakan maka WL Pria akan kehabisan suara.
Idealnya Lagu ini dimainkan di kunci A: Do
 
Sebaliknya untuk beberapa Lagu Sari Simorangkir justru sebaliknya, harus dinaikkan ke Nada Dasar Standard.
 
Tapi ada juga beberapa kasus khusus yg saya temukan kebanyakan di lagu Pdt Ir Niko yaitu pada bagian Bait/Verse nadanya "enak" standard begitu bagian Reff/Chorus diatas standard. Nah cara menyikapinya adalah perhatikan seberapa lama/banyaknya melodi yg tinggi itu muncul. Jika 1 atau 2 kali kemunculannya bisa dipertahankan. Tapi jika tidak sebaiknya diturunkan saja-walau harus sedikit "mengorbankan" bagian awal lagu-toh pada akhirnya akan lebih banayk mengulang pada bagian Reff lagu.
 
 
Jika WL tidak nyaman dengan Nada Dasar Umum, maka sebaiknya WL harus mau belajar utk meningkatkan Range Vokalnya. Saya pribadi tidak menyarankan jika ada WL dengan ambitus/wilayah nada Alto (Wanita) dan Bass (Pria). Saran saya untuk wilayah tersebut bisa diarahkan utk mengambil suara 2.
 
Catatan buat para WL jika anda sudah yakin bahwa nada dasar lagu yg anda pilih sudah memenuhi syarat diatas maka sebaiknya dicatat dan disimpan di buku khusus-agar mempermudah dalam menentukan pilihan lagu pada pelayanan2 berikutnya-karena ini juga membantu anda untuk mengatur komposisi flowing dengan baik.
 
Take time dengan Lead Musik untuk bertukar pikiran untuk mengatur alur P&W.
So mengapa saya sangat menyarankan bagi para Leader Musik untuk belajar teori musik dasar.
 
Saya sudah berkali-kali terlibat dalam pelayanan P&W dimana terjadi lawatan Tuhan yang luar biasa di ibadah tersebut karena kita menyiapkan segala sesuatunya baik rohani dan skill kita dengan maksimal.
 
Ingat bahwa semua persiapan kita yang dibangun tiap hari itu akan dibuktikan di saat kita melayani.
 
Khusus bagi para WL dan Singers saya sarankan utuk selalu berlatih dengan alat musik, atau dengan mndengarkan mp3 secara langsung-mengapa? ini membantu anda sensitif terhadap nada. karena halu terutama dalam teknik bernyanyi adalah seberapa anda sensitif terhadap nada. Jangan segan untuk minta di dampingi/coach oleh pelatih yg benar.
Ada 2 murid yang dilatih vokal oleh istri saya-waktu ditest awal masuk dengan TalentDare (Applikasi pada iPhone/iPad) nilainya tidak bisa lebih dari D8, tapi setelah beberapa bulan di-coach dengan benar, hasil testnya sudah di Level A 21. Jadi gak ada kata tidak bisa, yang ada mau belajar dengan benar atau tidak.
 
Baiklah, Jika ada beberapa saudara masih bingung gak usah malu untuk bertanya kepada saya. Saya akan dengan senang membantu. Mari kita tingkatkan terus kualitas pelayanan P&W. GBU all
 
By PoLee Papilaya S.MG

http://www.soundcloud.com/poleepapilaya


Infonya benar2 membuka wawasan saya.
saya coba trial dengan beberapa lagu, ternyata cocok sekali diterapkan.

Thanks Bro. GBU


Yorwelkom, spread The Gospel. JBU
Cheap Think Not Good, Good Think Not Cheap

Post: 4
Bergabung: 30 Des 2013, 10:03

Re: SHARING MUSIK ROHANI (GEREJA)

Postoleh edooo » 21 Feb 2014, 16:33

ada lagi yang saya mau tanya ke teman-teman semua,

saya memiliki teman sepelayanan (WL) yang masuk nya suka salah, misalnya dari reff ke bait.. umumnya ada jeda kira-kira 4 bar penuh. WL nya terkadang bisa nyelonong masuk di bar 4 ketukan 3.
atau terkadang di tengah2 lagu (verse), seperti lagu "Sungguh indah Kau Tuhan"
"kucari wajahMu, temukan kasihMu,
. . .
Kau bukan Tuhan yang jauh dariku"
naah di tiga ketukan jeda antara kedua kalimat tersebut, terkadang WL di gereja tempatku berjemaat suka nyelonong masuk juga.

Yang lebih susah lagi, di lagu "Rayakan Yesus rayakan". Seharusnya baitnya masuk di ketukan ke-2. WL di tempat saya selalu masuk di ketukan 1.

yang aku mau tanya, bagaimana cara mengasah feeling mereka supaya mereka engga salah masuk & tentunya kualitas musikalitas mereka ter-upgrade.

Terimakasih.
Salam,
Edward.

Avatar pengguna
Post: 64
Bergabung: 26 Des 2013, 23:39
Lokasi: Denpasar-Bali

Re: SHARING MUSIK ROHANI (GEREJA)

Postoleh GospelKeyboardist » 21 Feb 2014, 18:44

edooo menulis:ada lagi yang saya mau tanya ke teman-teman semua,

saya memiliki teman sepelayanan (WL) yang masuk nya suka salah, misalnya dari reff ke bait.. umumnya ada jeda kira-kira 4 bar penuh. WL nya terkadang bisa nyelonong masuk di bar 4 ketukan 3.
atau terkadang di tengah2 lagu (verse), seperti lagu "Sungguh indah Kau Tuhan"
"kucari wajahMu, temukan kasihMu,
. . .
Kau bukan Tuhan yang jauh dariku"
naah di tiga ketukan jeda antara kedua kalimat tersebut, terkadang WL di gereja tempatku berjemaat suka nyelonong masuk juga.

Yang lebih susah lagi, di lagu "Rayakan Yesus rayakan". Seharusnya baitnya masuk di ketukan ke-2. WL di tempat saya selalu masuk di ketukan 1.

yang aku mau tanya, bagaimana cara mengasah feeling mereka supaya mereka engga salah masuk & tentunya kualitas musikalitas mereka ter-upgrade.

Terimakasih.
Salam,
Edward.


Tentunya kuncinya hanya BERLATIH,BETLATIH,BERLATIH tentunya dengan acuan yg benar karena sy pernah ketemu drummer latihan 2jam tiap hari tapi mainny gak maju2 dan selalu "menyumbang" kesalahan dalam setiap lagu-itu ibarat org dikasih senjata utk berlatih menembak tapi gak ada sasaran tembaknya, jadi kalau kamu tau salahnya dibagian mana, maka coba latih dibagian yg salah itu/diulang2 sampai benar.
Memang itu juga ada hubungannya sama rasa musikalisasi seseoarang.
Tapi selama ada wkt latihan sebelum pelayanan-coba dilatih dengan baik.
Saya jg pernah ngalamin hal spt itu kok WL/Musisi yg gak bisa merasakan Phrase musical
Memang butuh proses pembelajaran yg intens.
Apalagi edward tau betul kesalahannya dimana kan hehe...


Oke Spread The Gospel, JBU
Cheap Think Not Good, Good Think Not Cheap

Avatar pengguna
Post: 64
Bergabung: 26 Des 2013, 23:39
Lokasi: Denpasar-Bali

Re: SHARING MUSIK ROHANI (GEREJA)

Postoleh GospelKeyboardist » 01 Mei 2014, 19:42

Numpang lewat ah, sepi amat...
Lagi pada sibuk pelayanan yah.
Selamat melayani Raja kita guys.
Keep on Fire. Jbu
Cheap Think Not Good, Good Think Not Cheap

Site Admin
Avatar pengguna
Post: 1583
Bergabung: 23 Des 2013, 06:53
Lokasi: Jakarta & Bandung

Re: SHARING MUSIK ROHANI (GEREJA)

Postoleh agushardiman » 04 Mei 2014, 05:41

GospelKeyboardist menulis:Numpang lewat ah, sepi amat...
Lagi pada sibuk pelayanan yah.
Selamat melayani Raja kita guys.
Keep on Fire. Jbu

Iya nih, TS-nya menghilang lama :D

Polee ditunggu tips2 kerennya lagi :-bd

Salam.
AGUS HARDIMAN
http://www.AgusHardiman.com - Jasa produksi musik & seminar audio
http://www.ArtSonica.com - HOME of ArtSonica
http://www.School.ArtSonica.com - Sekolah music production
http://www.Blog.ArtSonica.com - Artikel & tips audio GRATIS !
http://www.youtube.com/ArtSonica - Channel youtube
http://www.Books.ArtSonica.com - Buku audio & music production COMING SOON !
http://www.JobMusik.net - Situs Portal Jasa Musik Indonesia

Post: 5
Bergabung: 10 Feb 2014, 09:58

Re: SHARING MUSIK ROHANI (GEREJA)

Postoleh Ito Belihar Purba » 13 Jul 2014, 22:47

Senang sekali dengan adanya sub forum ini. Sebuah postingan yang sangat penting bagi kelompok musik di gereja (pemusik dan Songleader). Kita berharap topik di forum ini berkembang sampai kepada bagian yang terdetail karena kita bersyukur ada Mas Agus Hardiman yang menjadi ahlinya. Salam kenal ValenciaMusik dan GospelKeyboardist. Forum yang tepat untuk saling berbagi.

Post: 5
Bergabung: 10 Feb 2014, 09:58

Re: SHARING MUSIK ROHANI (GEREJA)

Postoleh Ito Belihar Purba » 13 Jul 2014, 23:00

1. Saya sangat setuju dengan persoalan antara Music player - WL - Jemaat dimana antara ke tiga ini selalu ada ketidak sesuaian. kalau memungkinkan buat saja semacam Audisi untuk WL mengingat peranan mereka yang sangat penting, sebab mereka adalah Leader terhadap ratusan jemaat yg beribadah. Kekhusukan bernyanyi jemaat sangat tergantung kepada kemampuan mereka.
2. Persoalan lain biasanya adalah pada setting mixer untuk Microphone plus tehhnik Micing kepada Songleader (biasanya berjumlah 3 -6 orang atau lebih) apalagi jika songleader membawakan lagu dengan harmoni suara. Bagi gereja yang besar mungkin sudah ada operator sound tapi bagi gereja yang kecil bagaimana? Biasanya player yang lebih mengerti itu.

Post: 5
Bergabung: 10 Feb 2014, 09:58

Re: SHARING MUSIK ROHANI (GEREJA)

Postoleh Ito Belihar Purba » 13 Jul 2014, 23:51

RoyHermans menulis:Biar ga sepi mau posting lagu rohani ciptaan saya.
ni lagunya tercipta pas waktu itu saya lagi sakit lama, eh bikin lagunya malah sekali jadi. tx God :D

Mau minta komentar donk tentang notasinya, lagunya sendiri belum pernah di record dengan baik. masih mentah banget, dinyanyiin ama temen. Masih belum tau kalo direcord musti gmn aransemennya.he.

cek lagunya di sini ya :

https://soundcloud.com/arthezoo/mike-parlindungan-song-by-roy

salam.

Roy Herman
[quote="RoyHermans"]Biar ga sepi mau posting lagu rohani ciptaan saya.
ni

------
Bro Roy Herman, saya memberikan sedikit komentar nih untuk lagu "TAK PERNAH TINGGALKANKU". Ini hanya berdasarkan analisa saya, tidak tersinggung kan kalau dikasih koment? Heheheh...

Syair:
Bait 1 “saat kurasa di sini tanpaMu” mungkin perlu digantikan dengan kalimat menggambarkan kekosongan/ kehampaan. Kurang tepat rasanya “tanpa-Mu” karena Tuhan tidak pernah meninggalkan kita (kontradiktif dengan bagian terakhir bait 1 “’ku tau Kau slalu di sisiku” dan di bagian Reff “tak pernah tinggalkanku”. Usulan saya: gambarkan aja kehampaan itu datang dari diri kita sendiri tanpa melibatkannya kepada Tuhan.
Kalimat “Kaulah Raja kekuatan hidupku.... dan selalu siap menopang”. Kata Raja untuk Tuhan biasanya dipakai untuk persoalan kuasa dan otoritas, sedangkan urusan topang menopang lebih tepat kalau Tuhan dipakai dengan kata gembala karena memang itu tugas gembala bukan tugas seorang raja. Hal ini berhubungan erat dengan pengalaman pencipta “lama (waktu) sakit”
Sepertinya alur lagu ini bukanlah persoalan janji Tuhan tetapi pertolongan Tuhan, kuasa Tuhan yang menyembuhkan dan menghibur. Menurut saya “Ku kan slalu percaya akan kasihMu...” hal ini berhubungan dengan penentuan judlnya.

Melody
Melody sangat bagus dan inspiratif bersifat Personal hymn, enak dinyanyikan sendiri, tidak konsumsi panggung/ mimbar dan tidak cocok menjadi nyanyian jemaat. Tapi itu tidak menjadi masalah. Saya senang mendengar melody-nya, barangkali karena produk hati atau pengalaman iman.

Musikalitas
Untuk arransir musik saya lebih setuju di dominasi String, walaupun Piano Klasik perlu memberi warna dan tidak di dominasi perkusi seperti drum. Mungkin akan lebih enak juga kalau dikasih effect sound.

Vokal
Cocok tuh vokalis yang membawakannya tapi ekspresi mungkin lebih tenang, tidak terkesan seperti vokalis band Rock tapi bernuansa pop biar dapat jiwa lagunya. Takperlu backing vokal karena lagu ini memang menggambarkan kesunyian hati.

SebelumnyaBerikutnya

Kembali ke Musik Member

Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: Tidak ada pengguna yang terdaftar dan 3 tamu