Tips Bikin Jingle ?

Keyboardist sekaligus pencipta lagu, arranger & music producer untuk artis-artis seperti Nikita Willy, Maudy Ayunda, Babydoll dll juga pemenang lomba jingle seperti jingle Dunia Fantasi, jingle PT KAI, Ajang Cipta Lagu Anak RCTI, jingle ARB, jingle Bank ICBC, jingle Yuasa, Eka menemukan jati dirinya saat menciptakan video speech composing Demi Tuhan-nya Arya Wiguna & BBM Campuran-nya Jeremy Teti yang mencapai 8 juta view dalam sebulan !
Saat ini sibuk memproduksi newcomer Nadya Rafika & beberapa artis lain. Juga tetap rutin memuat video speech composing lainnya, websitenya ada di www.EkaGustiwana.com. Eka akan menjadi bintang tamu di forum ini antara 1 Juni - 30 Juni 2014. Silakan lemparkan pertanyaanmu baik tentang karir di dunia audio, tentang jingle, musik & apapun !
Peraturan Forum
Anda sudah login tetapi hanya bisa membaca postingan member lain ? Berarti Anda harus memperkenalkan diri terlebih dahulu secara lengkap pada subforum PERKENALAN MEMBER !
Untuk member yang sudah memposting perkenalan tapi masih belum bisa membalas postingan member lain berarti perkenalan Anda belum di approved admin. Silakan bersabar untuk menunggu 1 x 24 jam.
Apabila postingan Anda belum di approved setelah 1x24 jam, silakan kontak admin di webmaster@artsonica.com !
Post: 27
Bergabung: 01 Jan 2014, 01:04

Tips Bikin Jingle ?

Postoleh frhndwi » 17 Jun 2014, 15:09

Halo Eka,

Saya suka bingung nih kalo bikin jingle. Kadang2 waktu nulis lirik agak terasa kaku, tapi kalo diubah kok jadi ga menarik. Ada tips untuk penulisan lirik jingle supaya menarik tapi ga kaku ?
Satu lagi, Kalo bikin aransemen untuk jingle ada poin2 tertentu ga yang harus diperhatiin ?

Thanks :D

Tips Bikin Jingle ?

Sponsor

Sponsor
 

Post: 8
Bergabung: 31 Mei 2014, 21:28

Re: Tips Bikin Jingle ?

Postoleh ekagustiwana » 20 Jun 2014, 13:33

Halo,

Lagi2 utk jawaban yang akurat perlu contoh lagu yang mas sedang kerjakan supaya kita bisa dengerin bareng.

Anw, mengenai penulisan lirik, setiap orang punya standar tersendiri. Kaku menurut mas belum tentu kaku menurut saya. Tapi tips sederhananya sih sebaiknya menggunakan kata-kata yang lumrah digunakan sehari-hari, semakin familiar kata-kata tersebut terhadap pendengar, tentu semakin mudah diserap oleh mereka.

Kedua, sebisa mungkin jangan 'muter2' kaya pidato kepala sekolah ketika menyampaikan pesan, 5 s/d 10 detik pertama sebaiknya udah ngegrab pendengar.

Aransemen jingle prinsipnya menurut saya sama spt aransemen musik pop yang lain. Hanya saja di jingle yang harus bener2 ditonjolin tentu si HOOKnya, entah itu vokal atau instrumen yang dipersiapkan utk menjadi 'hook'. Percuma kan musik keren tapi ternyata gak mendukung pesan jinglenya.

Di forum ini banyak juga yang lebih pro dalam hal jingle dan aransemen, seperti mas Agus dkk, boleh juga ditanyakan kepada mereka :D
Sebaiknya jangan denger dari 1 sumber ya, bisa aja saya salah :)

Kembali ke Eka Gustiwana (FORUM CLOSED)

Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: Tidak ada pengguna yang terdaftar dan 1 tamu