[ask] Tentang Komposisi Musik

Keyboardist sekaligus pencipta lagu, arranger & music producer untuk artis-artis seperti Nikita Willy, Maudy Ayunda, Babydoll dll juga pemenang lomba jingle seperti jingle Dunia Fantasi, jingle PT KAI, Ajang Cipta Lagu Anak RCTI, jingle ARB, jingle Bank ICBC, jingle Yuasa, Eka menemukan jati dirinya saat menciptakan video speech composing Demi Tuhan-nya Arya Wiguna & BBM Campuran-nya Jeremy Teti yang mencapai 8 juta view dalam sebulan !
Saat ini sibuk memproduksi newcomer Nadya Rafika & beberapa artis lain. Juga tetap rutin memuat video speech composing lainnya, websitenya ada di www.EkaGustiwana.com. Eka akan menjadi bintang tamu di forum ini antara 1 Juni - 30 Juni 2014. Silakan lemparkan pertanyaanmu baik tentang karir di dunia audio, tentang jingle, musik & apapun !
Peraturan Forum
Anda sudah login tetapi hanya bisa membaca postingan member lain ? Berarti Anda harus memperkenalkan diri terlebih dahulu secara lengkap pada subforum PERKENALAN MEMBER !
Untuk member yang sudah memposting perkenalan tapi masih belum bisa membalas postingan member lain berarti perkenalan Anda belum di approved admin. Silakan bersabar untuk menunggu 1 x 24 jam.
Apabila postingan Anda belum di approved setelah 1x24 jam, silakan kontak admin di webmaster@artsonica.com !
Post: 4
Bergabung: 29 Mei 2014, 21:51

[ask] Tentang Komposisi Musik

Postoleh jefry3 » 01 Jun 2014, 21:55

Halo Mas Eka Gustiwana.
Salam kenal, saya Jefry dari Banjarmasin. Saya pengagum berat karya-karya anda. Selain karya-karya speech composing (yang memang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya), saya juga menyukai karya anda lainnya seperti jingle bank ICBC, lagu ACILA Kita Sahabat, Jingle ARB, dll (tentunya termasuk single I'm OK anda juga :D ). Bahkan saya sering menjadikan lagu-lagu buatan anda sebagai salah satu referensi saya dalam berkarya di musik.

Langsung saja, ada beberapa hal yang saya ingin tanyakan:
1. Bagaimana langkah-langkah anda dalam membuat sebuah aransemen musik? Terlebih, karya-karya anda tidak hanya berkutat di 1 genre saja, tapi menyesuaikan dengan tema lagunya. Karena saya pribadi sering kesulitan dalam membuat aransemen musik. Bahkan untuk genre-genre tertentu, saya masih agak kesulitan untuk membuat aransemen musiknya.
2. Masih mengenai aransemen musik, bagaimana cara untuk membuat sebuah aransemen musik menjadi harmonis? Seringkali saya merasa musik saya masih agak kurang berisi, sehingga saya menambahkan berbagai instrument dan menyebabkan musiknya kurang harmonis. Atau bahkan saya merasa musik tersebut sudah cukup, tapi setelah saya dengarkan beberapa bulan kemudian, ternyata kesannya musik tersebut masih "kosong".
3. Apa saja 3 VST favorit anda?
4. Siapa arrangger dan composer yang menjadi favorit anda?
5. Bagaimana cara anda mendapatkan ide-ide dalam membuat lagu? Karena masalah utama dari kebanyakan musisi adalah kebuntuan ide yang menyebabkan karyanya terhambat.

Mungkin itu pertanyaan dari saya. Semoga berkenan untuk menjawab. Terima kasih!

Salam \m/

[ask] Tentang Komposisi Musik

Sponsor

Sponsor
 

Post: 8
Bergabung: 31 Mei 2014, 21:28

Re: [ask] Tentang Komposisi Musik

Postoleh ekagustiwana » 15 Jun 2014, 12:45

Wah, seneng kalo bisa jadi inspirasi... Haha

1. Mengenai aransemen, kyknya banyak suhu2 di sini yang lebih pro untuk menjawab. Hehe. Anw, sampai sekarang saya masih rutin dengerin musik2 baru baik yang SAYA SUKA maupun yang SAYA TIDAK SUKA. Setiap hari.

Statement mas Agus, "Musisi adalah plagiat no 1" adalah benar. Kita akan terinspirasi oleh musik2 yang kita dengar. Saya sendiri ngerasain sih :D So, kalo bingung, tips kilat untuk bisa keluar dari kebiasaan genre bermusik kita adalah NYONTEK/ADAPTASI aransemen musik orang lain. Lalu disesuaikan dengan taste bermusik kita.

Suka atau enggak suka musik kita pasti akan mirip dengan musik2 yang sudah ada (pernah kita dengar), kalo enggak di indonesia, diluar indonesia, sebuah kenyataan yang gak bisa dipungkiri.

2. Definisi 'aransemen berisi' itu apa ya mas? Well, menurut saya langkah untuk nambahin instrument sebanyak-banyaknya supaya musik jadi penuh rasanya kurang bijak ya, nanti bisa2 mas malah diajak berantem sama Mixing Engineer-nya karena track2 nya kebanyakan dan semuanya numpuk di satu frekuensi :D

Place the RIGHT INSTRUMENT on the RIGHT MOMENT.

Anw, sebaiknya attach contoh musik yang mas pernah buat utk kita dengerin bareng2 ya... kalo enggak kita cuma ngeraba2 diskusinya nanti.

3. VST instrument favorit: Sampletank, Miroslav, Massive

4. Wah banyak sih, hampir semua saya suka dengerin, hahaha

5. Ok, maksudnya menciptakan lagu ya? Sekali lagi, amunisi saya saat mengalami kebuntuan ide di tengah2 deadline adalah banyak2 dengerin lagu orang, itu yang paling ampuh.

Nah juga selalu siapkan notes dan perekam suara dimanapun kamu berada. Notes dan perekam suara adalah sahabat terbaik bagi setiap musisi. Saat kita sedang ada ide biasanya ga selalu ada di depan alat musik, so cukup rekam atau catet ide2mu, masalah kepake atau enggak itu urusan belakangan. Nanti saat di studio, tinggal dilanjutin, bukan malah duduk mikirin ide baru.

Di smartphone saya notesnya bertumpuk2, mulai dari ide gagal, ide gila, dan ide yang sudah direalisasikan. \m/

Silahkan diskusi kalo masih kurang jelas

Post: 4
Bergabung: 29 Mei 2014, 21:51

Re: [ask] Tentang Komposisi Musik

Postoleh jefry3 » 18 Jun 2014, 23:03

OK, terima kasih atas semua jawabannya Mas Eka. Sangat mencerahkan pemikiran saya.

Berikut ini beberapa karya yang pernah saya buat mas:
https://soundcloud.com/lomba-icid-bni-london/jef-world-jefry-albari-tribowo
https://soundcloud.com/jefry3/jef-feat-saldy-for-you

Hobi saya ketika saya sudah menyelesaikan sebuah lagu, saya selalu membandingkannya dengan karya orang lain yg menjadi favorit saya. Entah perasaan saya saja atau bagaimana, saya sering merasa lagu saya kurang maksimal dan "berisi" dibandingkan karya musisi lain favorit saya.

Mungkin ini karena sifat dasar seorang manusia yang tidak pernah puas. Klo kata Pak Agus Hardiman "Sesungguhnya bikin musik atau mixing itu gak akan pernah selesai...deadline dari klienlah atau diri kita yg bilang: Cukuuup!!!" :))

Mohon masukannya ya, Mas Eka.

Terima Kasih.
Salam.

Kembali ke Eka Gustiwana (FORUM CLOSED)

Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: Tidak ada pengguna yang terdaftar dan 1 tamu