mixing live..?

Mixing engineer & live sound engineer ternama Indonesia dengan klien-klien seperti Chrisye, Dewa, Iwan Fals, Glen Friedly, Dewi Sandra, Titi DJ, Ruth Sahanaya, Afghan, Andien, Kerispatih, JPCC Worship, Sidney Mohede, Sandy Sondhoro dll, owner Brotherland Studio dan owner toko Big Knob Audio dan Analog Head, pernah bekerja dipabrik Mic Ribbon AEA, USA.
Moko akan menjadi bintang tamu di forum ini antara 1 Feb - 28 Feb 2014. Silakan lemparkan pertanyaanmu baik tentang audio maupun tentang karir di dunia audio !
Peraturan Forum
Anda sudah login tetapi hanya bisa membaca postingan member lain ? Berarti Anda harus memperkenalkan diri terlebih dahulu secara lengkap pada subforum PERKENALAN MEMBER !
Untuk member yang sudah memposting perkenalan tapi masih belum bisa membalas postingan member lain berarti perkenalan Anda belum di approved admin. Silakan bersabar untuk menunggu 1 x 24 jam.
Apabila postingan Anda belum di approved setelah 1x24 jam, silakan kontak admin di webmaster@artsonica.com !
Post: 3
Bergabung: 16 Jan 2014, 23:17

mixing live..?

Postoleh Teguh gunawan » 25 Feb 2014, 22:52

Hallo mas moko pa kabar :ymhug: saya mau nanya:

1.apa saja persiapan sebagai seorang SE LIVE ketika band/penyanyi kita akan perform live?apakah sama persiapannya antara band dan solois?alat yg wajib dibawa?apakah wajib tau mixer sampai power,speaker,kabel yg dipake ..?

2.adakah setting default mixer,karena sudah kena adjust dari SE sebelum band/artis kita main,adakah tips mixing cepatnya & tips lainnya..?

3.apakah sama mindsetnya mixing live dengan mix & mast di DAW..?

Trima kasih mas moko,mohon maaf,salamualaikum..!

mixing live..?

Sponsor

Sponsor
 

Post: 10
Bergabung: 04 Feb 2014, 16:19

Re: mixing live..?

Postoleh mokobigbro » 28 Feb 2014, 14:30

Halo Mas Teguh.

Langsung saya jawb yah:

1. Persiapan seorang SE Live seharusnya jauh hari sebelum manggung adalah:
a. Stage Mapping
b. Equipment Riders
c. Channel List

Untuk alat wajib: saya akan bawa headphone sendiri karene kebutuhan higienis dan juga keakraban dengan suaranya.
Saya juga akan menyarankan musisi untuk bawa instrument sendiri (sebisanya trutama guitarist/bassist). Untuk keyboard, saya akan pastikan panitia/rental company menyediakan sesuai keinginan musisi dengan syarat equipment riders kita bisa dipenuhi oleh panitia/rental tanpa perlunya di counter rider.

2. Setting default saya tidak ada.
Namun apabila mixer sharing, saya akan usahakan apabila memungkinkan

a. mencatat settingan saya ketika souncheck dan mencoba untuk me-recallnya sehingga bisa mirip ketika soundcheck.
b. apabila tidak memungkinkan untuk me-recall, or soundcheck, saya akan coba untuk mendengar balance dari mix sebelumnya dan membuat mental adjustment apa yg akan saya lakukan untuk membuat mix band saya (dengan setting band sebelumnya jadi lebih baik).
c. mix cepat, saya akan usahakan agar di lagu pertama, balance 80-90% bisa didapatkan.
disini grouping akan sangat berguna dan juga respon/reflek yg cepat dalam membalance. Ketika balance sudah saya dapatkan dari fader/groups, baru saya akan fine tuning ke hpf, eq and fx prosessing.

3. Mindset mixing live dengan studio:
a. Saya rasa perbedaan terbesar adalah speed dan juga response. Di live, kita harus cepat bergerak sesuai instinct kita mendengar dan respon kita ketika mendengar.
Kita harus cepat get the mix kalau tidak gagal acara hari itu karena mix kita.
Di studio kita akan cenderung lebih detail dan take our time to balance the mix.

Yg saya rasa kita bisa saling belajar dari kedua dunia. Sekali2 seorang live sound engineer harus coba mixing di studio dan compare hasilnya dengan balance mix engineer studio, dan juga sebaliknya.

Karena 'amfibi' di dua dunia, saya bisa bawa apa yg saya belajar di live sound ke dalam studio dan begitu juga sebaliknya.

Kembali ke Harmoko Aguswan (FORUM CLOSED)

Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: Tidak ada pengguna yang terdaftar dan 1 tamu