standar db volume & EQ saat mastering

Mixing engineer & live sound engineer ternama Indonesia dengan klien-klien seperti Chrisye, Dewa, Iwan Fals, Glen Friedly, Dewi Sandra, Titi DJ, Ruth Sahanaya, Afghan, Andien, Kerispatih, JPCC Worship, Sidney Mohede, Sandy Sondhoro dll, owner Brotherland Studio dan owner toko Big Knob Audio dan Analog Head, pernah bekerja dipabrik Mic Ribbon AEA, USA.
Moko akan menjadi bintang tamu di forum ini antara 1 Feb - 28 Feb 2014. Silakan lemparkan pertanyaanmu baik tentang audio maupun tentang karir di dunia audio !
Peraturan Forum
Anda sudah login tetapi hanya bisa membaca postingan member lain ? Berarti Anda harus memperkenalkan diri terlebih dahulu secara lengkap pada subforum PERKENALAN MEMBER !
Untuk member yang sudah memposting perkenalan tapi masih belum bisa membalas postingan member lain berarti perkenalan Anda belum di approved admin. Silakan bersabar untuk menunggu 1 x 24 jam.
Apabila postingan Anda belum di approved setelah 1x24 jam, silakan kontak admin di webmaster@artsonica.com !
Post: 27
Bergabung: 07 Jan 2014, 13:43

standar db volume & EQ saat mastering

Postoleh Najib » 09 Feb 2014, 07:15

misi mas moko & mas2 yg laen....saya masih nubie nih..maaf klo pertanyaan nya agak aneh ato pernah di ulang2 sebelumnya.. :-j
q mo nanya..
1. klo mastering..standar baku yang biasa mas pake untuk volumenya kira2 berapa db..misalnya di ukur dengan meter xxx
2. klo untuk Eq settingnya berapa db pada beberapa genre musik; misalnya standar untuk EQ pada genre musik pop; lownya(80hz-100hz)=....db, mid ny(....hz-...hz)=....db, treable,ketebalan (sktar 200hz nya brapa db)..dll

trima kasih sebelumnya ;)

standar db volume & EQ saat mastering

Sponsor

Sponsor
 

Post: 10
Bergabung: 04 Feb 2014, 16:19

Re: standar db volume & EQ saat mastering

Postoleh mokobigbro » 12 Feb 2014, 11:16

Halo Mas Jaib.

1. Saya jujur jarang sekali mastering. Namun untuk menjawab pertanyaan mas: coba search 'fletcher munson curve'. Fletcher Munson Curve memberikan data informasi di level berapa kuping kita linear mendengar. Saya sarankan mendenger di SPL tersebut. Yang kalo ga salah di sekitar 82-85 dB.

2. Untuk EQ setting, there is no rule mas. Do what your ears tell you to do. :)

Kembali ke Harmoko Aguswan (FORUM CLOSED)

Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: Tidak ada pengguna yang terdaftar dan 1 tamu