Mixing & Level Monitor

Mixing engineer & live sound engineer ternama Indonesia dengan klien-klien seperti Chrisye, Dewa, Iwan Fals, Glen Friedly, Dewi Sandra, Titi DJ, Ruth Sahanaya, Afghan, Andien, Kerispatih, JPCC Worship, Sidney Mohede, Sandy Sondhoro dll, owner Brotherland Studio dan owner toko Big Knob Audio dan Analog Head, pernah bekerja dipabrik Mic Ribbon AEA, USA.
Moko akan menjadi bintang tamu di forum ini antara 1 Feb - 28 Feb 2014. Silakan lemparkan pertanyaanmu baik tentang audio maupun tentang karir di dunia audio !
Peraturan Forum
Anda sudah login tetapi hanya bisa membaca postingan member lain ? Berarti Anda harus memperkenalkan diri terlebih dahulu secara lengkap pada subforum PERKENALAN MEMBER !
Untuk member yang sudah memposting perkenalan tapi masih belum bisa membalas postingan member lain berarti perkenalan Anda belum di approved admin. Silakan bersabar untuk menunggu 1 x 24 jam.
Apabila postingan Anda belum di approved setelah 1x24 jam, silakan kontak admin di webmaster@artsonica.com !
Post: 14
Bergabung: 05 Jan 2014, 14:01

Mixing & Level Monitor

Postoleh jbltrkh » 23 Feb 2014, 18:33

Bisa share ga proses mas moko klo mixing? Trus level monitornya seberapa kenceng...?

Mixing & Level Monitor

Sponsor

Sponsor
 

Post: 10
Bergabung: 04 Feb 2014, 16:19

Re: Mixing & Level Monitor

Postoleh mokobigbro » 28 Feb 2014, 14:34

Untuk level monitoring saya ketika mixing berubah terus.

Ketika di awal lagu, saya akan denger lagu dengan SPL agak kencang, sekitar 88-92dB. Saya coba mendengarkan rough mix yang ada dan kemudian mencoba menangkap maksud dari lagu secara emotional dan feel. Kemudian di otak saya mencoba membayangkan kemana lagu ini bisa saya bawa dan sedikit gambaran besar apa step2 yg saya akan lakukan untuk mencapai goal tersebut.

Kemudian ketika membalance, saya akan turun ke 75-8 dB dan mencoba membalance dengan balancing, filtering, eqing, compressing.

Proses ini akan saya ulang dengan level yang berbeda dan break yang cukup sering.

Setelah saya rasa mixnya cukup 80% saya akan break lagi sebelum fine detail dan automation. Di level ini, biasa saya akan monitoring di speaker multimedia dan didengar dengan level yg lebih kecil lagi.

Di level 95%, saya akan blast kencang speakernya dan coba check apakah ada yang lewat, apakah emosi lagunya terus terbawa, atau malah terlalu surgical.

Kembali ke Harmoko Aguswan (FORUM CLOSED)

Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: Tidak ada pengguna yang terdaftar dan 2 tamu