Sayangi Telinga Kita!

Wadah untuk curhat atau diskusi audio yang tidak terwakili dengan forum yang sudah ada termasuk juga untuk diskusi non-audio dan latihan nulis posting.
NO PORN, POLITICS & SARA, please !
Peraturan Forum
Anda sudah login tetapi hanya bisa membaca postingan member lain ? Berarti Anda harus memperkenalkan diri terlebih dahulu secara lengkap pada subforum PERKENALAN MEMBER !
Untuk member yang sudah memposting perkenalan tapi masih belum bisa membalas postingan member lain berarti perkenalan Anda belum di approved admin. Silakan bersabar untuk menunggu 1 x 24 jam.
Apabila postingan Anda belum di approved setelah 1x24 jam, silakan kontak admin di admin@artsonica.com !
Avatar pengguna
Post: 60
Bergabung: 27 Mar 2014, 00:02
Lokasi: Kuningan, Jawa Barat

Sayangi Telinga Kita!

Postoleh febyafriwan » 19 Okt 2014, 23:15

Salam ArtSonica...

Setelah sebelumnya saya menyadari Pentingnya menjaga Kesehatan Tubuh http://forum.artsonica.com/viewtopic.php?f=54&t=2273 kita agar dalam malaksanakan pekerjaan selalu prima, sekarang saya juga menyadari aset nomor satu kita dalam melakukan serangkaian pekerjaan sulit ini,, yaitu TELINGA.

Oh ya, saya sedikit berbagi curhat di sini, hehehe...
Dulu jaman saya sekolah S3 (SD-SMP-SMA :D ), saya belajar alat indera TELINGA. Dan kita tahu bahwa di bagian Telinga Tengah terdapat komponen vital sebagai penangkap bunyi yaitu 'Gendang Telinga'. Dari dulu saya agak kurang suka dengan penamaan istilah 'Gendang Telinga' ini. Dan setelah saya pelajari literatur dari istilah Bahasa Inggris, didapat bahwa istilah 'Gendang Telinga' di sana dinamakan 'The Ear Drum' dan ada juga 'The Ear Tympanic Membrane'.

Yang kita tekankan di sini ada pada istilah 'Tympanic Membrane'nya, yang secara transliterasi akan susah dicari padanan kata dalam Bahasa Indonesia. Nah, para pendahulu kita mungkin ingin mengangkat istilah 'gendang' untuk mewakili istilah 'tympanic Membrane' tadi. Padahal menurut saya 'gendang' tidak bisa mewakili 'Tympanic Membrane'. Karena semua 'Gendang' yang ada di Indonesia itu terbuat dari kulit yang desain pembuatannya selalu bermuka dua, ada muka depan dan belakang. Beda dengan Drum atau Timpani sekalipun, membrannya hanya sebelah. Dan pada telinga kita juga single membrane. Jadi rekan-rekan setuju kan kalau 'Gendang Telinga' kita ubah menjadi 'Drum telinga' atau 'Membran Timpani Telinga'? :D

Oke, balik lagi ke topik. Dengan pentingnya telinga kita, apa rekan-rekan punya saran atau tips tentang bagaimana merawat telinga kita? Apakah itu tips saat monitoring, atau tips saat check sound? Atau apakah ada waktu tertentu untuk kita check up ke dokter THT? Misal per 6 bulan sekali kita ke dokter? Atau bagaimana? Sharing-sharing ya... :ymhug:

Sekian saja, terima kasih sudah baca curhatnya, hehehe...
Salam,

Sayangi Telinga Kita!

Sponsor

Sponsor
 

Post: 366
Bergabung: 31 Des 2013, 03:10
Lokasi: USA

Re: Sayangi Telinga Kita!

Postoleh yphs_mst » 20 Okt 2014, 06:12

Masalah hearing loss aku bahas banyak di buku pertamaku: viewtopic.php?f=43&t=283.

Hadi

Avatar pengguna
Post: 25
Bergabung: 02 Feb 2014, 05:22

Re: Sayangi Telinga Kita!

Postoleh Didik Sanjuu » 22 Okt 2014, 21:22

Intinya saya tidak bisa mixinf di studio kalo habis nonton konser. Pernah mixing hbs ngesound di lapangan, hbs itu langsung diajak mixing lagu di studio, bangun tidur didenger langsung bingung, "kok gini ya hasilnya". Maaf cuma curhat. Heheee
:YMALIEN: :YMALIEN: :YMALIEN: :YMALIEN:
:YMALIEN: :oops: :oops: :oops: :YMALIEN:
:YMALIEN: :oops: :oops: :oops: :YMALIEN:
:YMALIEN: :YMALIEN: :YMALIEN: :YMALIEN:
:YMALIEN: :oops: :oops: :oops: :YMALIEN:
:YMALIEN: :oops: :oops: :oops: :YMALIEN: < :oops: B-Sing Jaya Studio Production :oops: >
:YMALIEN: :YMALIEN: :YMALIEN: :YMALIEN:

Post: 366
Bergabung: 31 Des 2013, 03:10
Lokasi: USA

Re: Sayangi Telinga Kita!

Postoleh yphs_mst » 23 Okt 2014, 22:10

Temporary hearing loss atau amblas (sementara) nya sel pendengaran karena suara tinggi (diterangkan beberapa kali di buku ku) ... untuk kembali normal, butuh waktu, terutama tidur malam yang cukup. Dan ringing juga sering terjadi karena suara tinggi dan mulai dari freq yang paling sensitif (3-5kHz), dan ringing ini akan memberi masking, makanya kalau mixing dengan dB SPL (diterima di telinga) kurang atau sama dengan dB SPL konser yang baru di tonton, ngga akan bisa akurat.

Beberapa mastering engineer handal di Amerika, mereka cuma kerja pagi hari saja, dimana telinga pada kemampuan analitik tertinggi, dan selesai kerja setelah 1-2sesi mastering.

Hadi

Kembali ke DISKUSI BEBAS

Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: Tidak ada pengguna yang terdaftar dan 3 tamu