Mixing and Mastering For Movies ...

Keyboardist BIP dan mantan Slank yang juga film composer sekaligus mixing & mastering engineer ternama Indonesia.
Indra Q akan menjadi bintang tamu di forum ini antara 1 Jan - 31 Jan 2014. Silakan lemparkan pertanyaanmu baik tentang audio maupun tentang karir di dunia audio !
Peraturan Forum
Anda sudah login tetapi hanya bisa membaca postingan member lain ? Berarti Anda harus memperkenalkan diri terlebih dahulu secara lengkap pada subforum PERKENALAN MEMBER !
Untuk member yang sudah memposting perkenalan tapi masih belum bisa membalas postingan member lain berarti perkenalan Anda belum di approved admin. Silakan bersabar untuk menunggu 1 x 24 jam.
Apabila postingan Anda belum di approved setelah 1x24 jam, silakan kontak admin di webmaster@artsonica.com !
Avatar pengguna
Post: 35
Bergabung: 08 Jan 2014, 19:23
Lokasi: Malang

Mixing and Mastering For Movies ...

Postoleh free_mind » 12 Jan 2014, 16:38

Sore .. :D

Kebetulan Saya masih baru di dunia audio digital terutama di audio post pro nih bang indra .. :)

Ada banyak hal yang masih jadi misteri buat saya ..

beberapa diantaranya :

- Apakah di pengerjaan soundtrack film (dialogue, sfx dan musik) juga di lakukan mastering ?
- Kalo kita mixing Untuk di tayangkan di Televisi, loudness soundtrack nya di kisaran berapa ya bang?


Mungkin itu bang pertanyaan dari saya ...

Thanks a lot ...
Salam .. :) :)

Mixing and Mastering For Movies ...

Sponsor

Sponsor
 

Post: 43
Bergabung: 01 Jan 2014, 01:51

Re: Mixing and Mastering For Movies ...

Postoleh indraq » 12 Jan 2014, 21:40

free_mind menulis:Sore .. :D

Kebetulan Saya masih baru di dunia audio digital terutama di audio post pro nih bang indra .. :)

Ada banyak hal yang masih jadi misteri buat saya ..

beberapa diantaranya :

- Apakah di pengerjaan soundtrack film (dialogue, sfx dan musik) juga di lakukan mastering ?
- Kalo kita mixing Untuk di tayangkan di Televisi, loudness soundtrack nya di kisaran berapa ya bang?


Mungkin itu bang pertanyaan dari saya ...

Thanks a lot ...
Salam .. :) :)


Halo,

Sy jawab dr sisi composer musik ya ... sy biasanya hanya eq musik scoring spy gak mengganggu dialog aja :) klopun nanti oleh post audio di eq lagi spy blend dgn film, bisa jadi mungkin ya di eq lagi, tp sy gak involved itu.

Utk musik buat ke TV sy gak ada level khusus. Level yg biasanya ke CD aja.

Salam,

Avatar pengguna
Post: 35
Bergabung: 08 Jan 2014, 19:23
Lokasi: Malang

Re: Mixing and Mastering For Movies ...

Postoleh free_mind » 13 Jan 2014, 09:59

indraq menulis:
free_mind menulis:Sore .. :D

Kebetulan Saya masih baru di dunia audio digital terutama di audio post pro nih bang indra .. :)

Ada banyak hal yang masih jadi misteri buat saya ..

beberapa diantaranya :

- Apakah di pengerjaan soundtrack film (dialogue, sfx dan musik) juga di lakukan mastering ?
- Kalo kita mixing Untuk di tayangkan di Televisi, loudness soundtrack nya di kisaran berapa ya bang?


Mungkin itu bang pertanyaan dari saya ...

Thanks a lot ...
Salam .. :) :)


Halo,

Sy jawab dr sisi composer musik ya ... sy biasanya hanya eq musik scoring spy gak mengganggu dialog aja :) klopun nanti oleh post audio di eq lagi spy blend dgn film, bisa jadi mungkin ya di eq lagi, tp sy gak involved itu.

Utk musik buat ke TV sy gak ada level khusus. Level yg biasanya ke CD aja.

Salam,


Thanks a lot bang indra .. informasi yang sangat berguna buat orang2 yang mendalami film score .. :D

Salam ..

Post: 30
Bergabung: 14 Jan 2014, 22:35

Re: Mixing and Mastering For Movies ...

Postoleh Areza riandra » 14 Jan 2014, 23:14

Mohon ijin ikutan sharing yah Mas Indra,

Nambahin dikit dari pengalaman saya (yg mana masih sangat sedikit hahaha)
Kebetulan saya jg dr bidang film composer, jd bener spt kt mas Indra, dr film scorer biasa nya hanya akan mixing dan balancing standar aja, setelah itu musik akan dikirim ke bagian sound, akan lebih baik ga dalam bentuk satu file audio, tp masih dlm bentuk pecahan bbrp track ,biasa nya per section family instrumen, misal strings sendiri, woodwind sendiri, percussion sendiri dst nya. Tujuan nya supaya masih bisa enak di mixing sama dept sound.

Nau dept sound akan me mixing dan mastering lagi musik kita untuk di blend dengan dialog, foley dan ambience. Biasa nya dr scoring hanya ngasih dlm bentuk stereo, di sound akan di mix mas lagi dlm format surround.

Untuk mix mas film bioskop, dibutuhkan simulasi dgn ruang mixmas yg merepresentasikan keadaan sesungguhnya, jd harus di ruang segede bioskop (idealnya). Fasilitas itu kalo ga salah blm ada di indonesia, jd yg terdekat biasanya dikirim ke Bangkok.

Mohon koreksi Mas Indra n Mas Agus kalo ada yg salah hehehe

Site Admin
Avatar pengguna
Post: 1583
Bergabung: 23 Des 2013, 06:53
Lokasi: Jakarta & Bandung

Re: Mixing and Mastering For Movies ...

Postoleh agushardiman » 15 Jan 2014, 04:33

Areza riandra menulis:Untuk mix mas film bioskop, dibutuhkan simulasi dgn ruang mixmas yg merepresentasikan keadaan sesungguhnya, jd harus di ruang segede bioskop (idealnya). Fasilitas itu kalo ga salah blm ada di indonesia, jd yg terdekat biasanya dikirim ke Bangkok.

Betul tuh...dengan asumsi kita bukan hanya film composer tapi juga nangani post-pronya ;)
Ke Bangkok biasanya rata2 niatnya sekalian liburan...eh sampe disana ternyata kerja rodi, di dalam theater terus, jadi batal deh cita2 jalan2 ke Pattaya :))

Salam.
AGUS HARDIMAN
http://www.AgusHardiman.com - Jasa produksi musik & seminar audio
http://www.ArtSonica.com - HOME of ArtSonica
http://www.School.ArtSonica.com - Sekolah music production
http://www.Blog.ArtSonica.com - Artikel & tips audio GRATIS !
http://www.youtube.com/ArtSonica - Channel youtube
http://www.Books.ArtSonica.com - Buku audio & music production COMING SOON !
http://www.JobMusik.net - Situs Portal Jasa Musik Indonesia

Kembali ke Indra Q (FORUM CLOSED)

Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: Tidak ada pengguna yang terdaftar dan 1 tamu