Ruangan kecil VS Low Frequency (Room modes) BAGIAN SATU

Wadah berdiskusi mengenai interior akustik, noise control, bahan-bahan penunjang akustik dan hal-hal lain yang bersangkutan.
Peraturan Forum
Anda sudah login tetapi hanya bisa membaca postingan member lain ? Berarti Anda harus memperkenalkan diri terlebih dahulu secara lengkap pada subforum PERKENALAN MEMBER !
Untuk member yang sudah memposting perkenalan tapi masih belum bisa membalas postingan member lain berarti perkenalan Anda belum di approved admin. Silakan bersabar untuk menunggu 1 x 24 jam.
Apabila postingan Anda belum di approved setelah 1x24 jam, silakan kontak admin di admin@artsonica.com !
Post: 365
Bergabung: 31 Des 2013, 03:10
Lokasi: USA

Ruangan kecil VS Low Frequency (Room modes) BAGIAN SATU

Postoleh yphs_mst » 23 Feb 2014, 11:49

Mengembalikan thread lama tahun 2010 silam dar musiktek.com.

Pembahasan singkat mengenai Room Modes

Karena kerusakan forum dulu, banyak simbol "[br]". Tolong abaikan ini. Maaf atas ketidaknyamanan-nya.

----

Untuk kejar ketinggalanku disini, ada beberapa yang sudah inquiry ttg bagaimana meng-e-tune pipa PVC (silahkan cari PVC tuned bass trap thread) terhadap satu frekuensi di satu ruangan. Kebetulan muridku batalin pertemuan, I have 2 hours free .. yay! Bisa ngejar ketinggalan deh ...

[br]Ok, tanpa banyak teori, ini disebut resonansi ruangan atau room modes. Banyak thread2 disini yang sudah bahas ini tapi thread ini adalah cara-cara pendekatanku untuk melacak ini.Thread ini di fokuskan untuk MELACAK dan MENGANALISA room modes atau frekeunsi apa saja yang akan bermaslah di satu ruangan ... penyelesaiannya adalah bass trap (entah tuned atau broadband) dan silahkan search di musiktek.[br]Ruangan kita punya dimensi tertentu ... ngga ada yang punya ruangan sebesar concert hall kan? Sedang low frequency dibawah 100Hz, itu besarnya 344/100 = 3,44m. Kalau 50Hz sudah 6m, .. dan anda punya subwoofer? Itu udah urusan dengan gelombang yang panjangnya diatas 8m. KARENA panjang gelombang lebih besar dari dimensi ruangan, akan terjadi resonansi pada frekuensi tertentu.Hold on .. mitosnya ...kalau panjang gelombang lebih besar dari dimensi ruangan, kita tidak dapat mendengar frekuensi tersebut. Mitos ini salah, yang benar, low freq nya tidak akan rata pada semua area ruangan ...

[br]Kondisi bass suck up yang sering dibahas bahwa di tengah ruangan bass nya mati inilah pengaruh buruk room modes.

[br]Ok ... pembahasan akan aku bagi-bagi di thread ini ...Let's start ...[br]Hadi [/html]

Ruangan kecil VS Low Frequency (Room modes) BAGIAN SATU

Sponsor

Sponsor
 

Post: 365
Bergabung: 31 Des 2013, 03:10
Lokasi: USA

Re: Ruangan kecil VS Low Frequency (Room modes) BAGIAN SATU

Postoleh yphs_mst » 23 Feb 2014, 11:49

[br]Keluarkan kalkulator atau buka calculator windows mu. Jangan lupa meteran juga disiapin.
[br] Kondisi terparah room modes adalah karena dinding yang paralel. Kalau ruangan kalian tidak punya dinding yang paralel, room modes masih ada, TAPI TIDAK dapat di prediksi secara mudah. Itu harus diukur dan lain-lain. Tapi bersyukurlah karena membangun studio yang tidak ada dindign paralel, biasanya arsitek ngamuk2 n stress ... makanya ruangan kita biasanya dinding depan-belakang, kiri-kanan, dan plafon lantai semuanya paralel.
[br] Dinding paralel HARUS keras dan tidak reaktif. Reaktif = dapat menyerap low frequency. Menganggap bahwa broadband bass trap harus tebelnya diatas 1m untuk menangkap low freq, makanya bass trap gini2an baisanya tuned .. pakai PVC atau helmholtz, dan lain.

Ukur 2 dinding paralel kalian ... misalnya panjangnya 3,2m. Berarti dengan rumus:
344/(2xp) = frekuensi dasar modal ruangan.
(344/(2x3,2m) = 53.75Hz.
dengan ini masalah ruangan kalian adalah: 53,75Hz dan kelipatan bulatnya (integer multiple), yaitu 53,75Hz, 107,5Hz, 161,25Hz, dan selanjutnya.

ITULAH frekuensi-frekeunsi yang bermasalah untuk daerah paralel ini .. dengan menggunakan tuned PVC bass trap, kita dapat meng-e-tune bass trap pada frekuensi 53,75Hz. Penyerapan yang terjadi adalah 53,75Hz, 161,25Hz, 268Hz oleh pipa itu. Taruh pipa ini pada salah satu dinding (permukaan yang terbuka dekat dengan dinding tersebut). Dengan ini tekanan udara didaerah itu akan berkurang (diserap), dan daerah tengah yang bass nya hilang akan naik sebanyak penyerapan tersebut. Kan biasa kalau taruh telinga deket dinding bass nya kenceng .. kalau dengan pipa ini berkurang 2dB, di tengah ruangan yang mati akan naik 2dB. Dengan menaruh satu lagi pipa pada dinding satunya, kondisi coverage bass akan makin rata.

Post: 365
Bergabung: 31 Des 2013, 03:10
Lokasi: USA

Re: Ruangan kecil VS Low Frequency (Room modes) BAGIAN SATU

Postoleh yphs_mst » 23 Feb 2014, 11:50

Lanjut masalah prediksi dan perhitungan.
Pertanyaannya, sampai frekuensi berapa bass akan beresonansi dan ngga karu-karuan di ruangan ku?

Salah satu kalkulator yang membuat visual masalah ini adalah real trap room mode calculator. DIbahas di: http://www.musiktek....opic.php?58109.[br] Untuk menjawab pertanyaan diatas ... room modes itu kan disebut mode/modal. Modal jelas pasti punya kelipatan ... semakin tinggi frekuensi, frekuensi modal dari macam-macam dinding paralel ini saling tumpang tindih. Kondisi ini justru membuat ruangan flat. TAPI pada frekeunsi rendah, bukannya flat, tapi makin density/kepadatannya makin jarang. Inilah yang jadi masalah. Satu frekuensi perkiraan dapat di hitung dengan schroeder cut off frequency formula. Ini ngga aku bahas karena ngga praktikal disini (lihat buku Berisik!!, rumusnya ada disitu).

Satu hal yang perlu di tekankan, bahwa prediksi ini menjawab kalau ruangan yang mempunyai p,l,t sama, misalnya 3mx3mx3m, ini akan membuat masalah akrena frekuensi modalnya sama semua .... makanya jarak antara frekuensi modalnya jauh2 semua.[br] ambil contoh, 3mx3,4mx2m.

3m -> 57,3Hz - 114,7Hz - dst.

3,4m -> 50,6Hz - 101,17Hz - dst.

2m -> 86Hz - 172Hz - dst.

Kalau diurutkan, 50,6Hz - 57,3Hz - 86Hz - 101Hz - 114Hz - 172Hz. Coba bandingkan kalau ini ruangan cuma 3mx3mx3m. Modal frekuensinya cuma: 57,3Hz - 144,7Hz - 172Hz ... nah kan kelihatan kalau mode nya ngga padat. Itu masalahnya, kerenggangan ini akhirnya kedengeran kuping. Sedang makin baik rasio ruangannya, room modes nya sudah bagus dulu ....

Sperti recording, kalau recording nya udah bagus, mixing juga makin mudah ... bahkan kita bicarain tanpa treatment apapun!

Post: 365
Bergabung: 31 Des 2013, 03:10
Lokasi: USA

Re: Ruangan kecil VS Low Frequency (Room modes) BAGIAN SATU

Postoleh yphs_mst » 23 Feb 2014, 11:50

SIlahkan sediakan beberapa alat/software dibawah:

1. sine wave generator - freeware banyak koq.
2. SPL meter

3. speaker yang bisa memproduksi sampai at least 60Hz, atau subwoofer, taruh di salah satu pojokkan ruangan. Diantara 2 dinding dan lantai.

Post: 365
Bergabung: 31 Des 2013, 03:10
Lokasi: USA

Re: Ruangan kecil VS Low Frequency (Room modes) BAGIAN SATU

Postoleh yphs_mst » 23 Feb 2014, 11:50

Setelah menghitung dan punya tabel frekuensi diatas .. silahkan coba satu2 frekuensinya untuk mastiin. Misalnya mainkan 60Hz dulu (ikutin perhitungan yah .. aku cuma kasih frekeunsi sembarangan di contoh ini). Terus lihat ini 60Hz masalahnya terjadi antara dinding mana dengan mana. Dengan mengetahui ini, coba bandingkan kalau di tengah2 paralel dinding tersebut, freq ini hilang, dan kalau di dekat dinding, freq nya nambah kenceng.

Ini paling gampang untuk nge check perhitungannya bener atau ngga. Dan juga nge check sampai frekuensi serendah apa broadband bass trap bisa berfungsi baik.

Kalau tidak mau hitung, agak ribet. Aku saran tetep hitung jadi tidak banyak nebak2 frekuensinya. Kalau ngga mau hitung, silahkan pakai SPL meter, dan perhatikan perbedaan mencolok di tengah ruangan dan mepet di dinding (atau lantai). Tapi pencarian frekuensi seperti ini cuma buang waktu banyak. Not recommended.

Kalau mau dapetin banyak frekuensi sekaligus ... bisa taruh spiker di ujung ruangan, terus taruh mic/SPL meter di ujung ruangan satunya (diantara 2 dinding dan lantai). Terus sweep dari 500Hz kebawah. Biasanya 500Hz sampai 300Hz, SPL meter tidak terlalu menunjukkan banyak kenaikkan, tapi begitu hit 100Hz area kebawah, SPL meter akan melonjak di beberapa frekuensi. Ini paling enak dilakukan dengan sine wave generator yang bisa di puter knob nya untuk cari frekuensi.

Post: 365
Bergabung: 31 Des 2013, 03:10
Lokasi: USA

Re: Ruangan kecil VS Low Frequency (Room modes) BAGIAN SATU

Postoleh yphs_mst » 23 Feb 2014, 11:52

Pengukuran selanjutnya kalau tidak mau yang susah dan coba2, jelas menggunakan mic (pure omni, flat freq response, dan condenser). SIlahkan gunakan software yang bisa melakukan sweepsine wave. Banyak software2 ini yang dibahas. Lihat spesifikasi software, kalau bisa log-sweep sine (atau pink noise weighted sweep sine), ini lebih bagus untuk check low freq. Kalau linear/regular sweep sine, ini kurang efektif untuk low freq analysis.

Again, taruh speaker di ujung satu nya, dan mic di ujung satunya. Akan terlihat seperti ini:

1.png
1.png (49.09 KiB) Dilihat 5747 kali


Perhatikan bahwa hasil diatas menunjukkan banyak bukit2 frekuesi response. ROOM MODES tidak hanya membuat bukit, tapi juga lembah. Untuk masalah analisa, agak susah aku terangin disini karena membaca grafik freq response room modes ngga se-simple itu saja. Yang pasti, kalau pasti mic dan speaker nya di ujung, biasanya puncak2 yang keliatan di grafik itu adalah room modes yang bermasalah. Masalahnya, dari dinding mana? Hmmm ... itu tetep harus dicari dari perhitungan.

Dengan ini, kita tahu frekuensi berapa yang perlu di perangkap lewat tuned bass trap, dan lokasi nya dimana (menyesuaikan bahwa frekuensi tersebut dari dinding yang mana?).

Post: 49
Bergabung: 14 Apr 2014, 21:05

Re: Ruangan kecil VS Low Frequency (Room modes) BAGIAN SATU

Postoleh aldy » 22 Agt 2014, 21:34

Mas hadi bisa kasih contoh saran software yang bisa melakukan sweepsine wave, sy udh coba cari susah soalnya ga tau nma softwarenya, trus micnya pake jenis condesor bisa?
Trimakasih, mohon pencerahanya.

Post: 365
Bergabung: 31 Des 2013, 03:10
Lokasi: USA

Re: Ruangan kecil VS Low Frequency (Room modes) BAGIAN SATU

Postoleh yphs_mst » 22 Agt 2014, 23:43

HOLMImpulse itu free, terus ada lagi REW (Room EQ Wizard kalau ngga salah singkatannya).

Mic condensor dan omni.

Selamat mencoba mas.

Hadi

Post: 49
Bergabung: 14 Apr 2014, 21:05

Re: Ruangan kecil VS Low Frequency (Room modes) BAGIAN SATU

Postoleh aldy » 23 Agt 2014, 07:45

Ok, trimaksh bnyak...

Post: 49
Bergabung: 14 Apr 2014, 21:05

Re: Ruangan kecil VS Low Frequency (Room modes) BAGIAN SATU

Postoleh aldy » 23 Agt 2014, 11:06

Mas hadi udah sy cb, haslnya ada lembah d freq rendhnya, emang grafik yang flat itu bntuknya kyk gmna?
Ga mungkn rta bngtkan grafknya..psti ada lembh dkt" tp lmbh yang terkompromi itu mnimalnya brpa "db"?

Berikutnya

Kembali ke KAMAR AKUSTIK

Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: Tidak ada pengguna yang terdaftar dan 2 tamu