[Tuned Bass Trap] Pipa PVC

Wadah berdiskusi mengenai interior akustik, noise control, bahan-bahan penunjang akustik dan hal-hal lain yang bersangkutan.
Peraturan Forum
Anda sudah login tetapi hanya bisa membaca postingan member lain ? Berarti Anda harus memperkenalkan diri terlebih dahulu secara lengkap pada subforum PERKENALAN MEMBER !
Untuk member yang sudah memposting perkenalan tapi masih belum bisa membalas postingan member lain berarti perkenalan Anda belum di approved admin. Silakan bersabar untuk menunggu 1 x 24 jam.
Apabila postingan Anda belum di approved setelah 1x24 jam, silakan kontak admin di admin@artsonica.com !
Post: 366
Bergabung: 31 Des 2013, 03:10
Lokasi: USA

[Tuned Bass Trap] Pipa PVC

Postoleh yphs_mst » 23 Feb 2014, 11:40

Mengembalikan thread yang dibuat tahun 2009-2010 silam dari musiktek.com.

----

Okay, memulai membahas macem2 tuned bass trap, dari pipa PVC yang paling gampang dibuat. Please note kalau thread ini:
1. TIDAK membahas dimana/bagaimana meletakkan bass trap terhadap ruangan tertentu.
2. TIDAK membahas bagaimana mencari frequency yang harus di jebak pada satu ruangan.

Thread ini membahas:
1. Bagaimana membuat bass trap dari pipa pvc
2. yang di tune terhadap 1 frequency (dan bonus nya)
3. meletakkan bass trap ini secara umum

----

Kita berurusan dengan frequency 150Hz kebawah untuk masalah tuned bass trap. Kalau mau nangkep frequency 150Hz keatas, aku kira broadband bass trap lebih gampang di buat dan lebih praktis untuk atas masalh ini.

So, kalau di hitung 150Hz itu punya panjang gelombang sebesar: 2,3m. Mau ngga mau besar PVC juga lumayan.Okay, panjang PVC akan dibahas nanti, tapi diameter PVC disarankan MINIMUM berdiameter 10cm, dan kalau bisa 15-25cm

Pertanyaannya, kalau mau yang lebih gedhe, bisa ngga? Jelas bisa ... tapi ngga praktis karena buang tempat.[br]Apakah pakai bahan selain PVC boleh? yes ... boleh ... asal padat dan tidak berporos.

Apakah bisa pakai bahan yang tidak berbentuk silinder? yes ... boleh ... pipa PVC hanyalah salah satu yang mudah di cari dan tidak perlu di bentuk2 lagi.

Bagaimana menentukan panjang?Adalah tergantung frekuensi yang mau ditangkap.
Rumusnya:

L= [344/(4f)] - [0.61r]
atau L= [86/f] - [0.61r]
L = panjang pipa PVC tsb.
f = frekuensi terendah yang mau di tangkap
r = jari-jari PVC tersebut (jari2 = 0,5 x diameter).
Pipa PVC adalah pipa yang terbuka pada ke-2 ujungnya. SALAH satu ujungnya harus di tutup sesuatu yang padat, dan seharusnya sangat rapat.Lihat post selanjutnya untuk bentuk dan konstruksi dasarnya.
Diubah terakhir kali oleh yphs_mst on 05 Sep 2014, 20:14, total pengubahan 1 kali.

[Tuned Bass Trap] Pipa PVC

Sponsor

Sponsor
 

Post: 366
Bergabung: 31 Des 2013, 03:10
Lokasi: USA

Re: [Tuned Bass Trap] Pipa PVC

Postoleh yphs_mst » 23 Feb 2014, 11:42

Lihat gambar dibawah:

Pipe ref - Hadi.png
Pipe ref - Hadi.png (219.26 KiB) Dilihat 5448 kali


Poin2 membangun bass trap ini:
Dibutuhkan glaswol/rockwol untuk menyumbat salah satu ujung nya. Busa empuk yang berporos bisa digunakan juga. Karpet yang digulung bisa digunakan juga ... YANG TERBAIK adaah rockwol/glaswol yang di tutup kain tipis.

Gambar diatas menggunakan satuan inch. 1inch = 2,54cm.

Pipa PVC yang sudah dibuat ini idealnya diletakkan dekat dengan dinding, pojokkan ruangan/dinding dengan plafon. JANGAN letakkan ini ditengah-tengah ruangan. Daerah yang terbuka (tersumbat glaswol) tidak boleh tertutup dan harus terekspos udara dalam ruangan tersebut.

Foto diatas adalah proyekku yang aku lakuin untuk kantor sekitar tahun 2007. Itu BUKAN pipa PVC, tapi saluran pipa A/C dan heater untuk ruangan yang terpasang ke AHU.

PVC berbentuk silinder. Apakah cocok untuk diffuser? Menurut kalian? Silahkan lihat thread berjudul "diffuser ala Hadie" untuk menjawab pertanyaan ini.

PVC adalah bahan yang tipis dan mudah bergetar kembail. BETUL, ini bisa menjadi masalah. Pemilihan bahan yang lebih padat biasanya adalah solusi mudah. Memotong PVC jadi beberapa bagian bisa juga untuk mengurangi ringing di low-mid freq. Atau PVC tersebut di lapisi bahan yang membuat keseluruhan konstruksi menjadi berat juga bisa dilakukan. Hal ini tidak sering terjadi di control room, tapi di live room mungkin akan terjadi karena tekanan suara rata-rata lebih tinggi di live room.

Post: 366
Bergabung: 31 Des 2013, 03:10
Lokasi: USA

Re: [Tuned Bass Trap] Pipa PVC

Postoleh yphs_mst » 23 Feb 2014, 11:43

Pembicaraan diatas difokuskan terhadap glaswol yang "keluar" dari pipa tersebut, bagaimana didalam pipa tersebut? Apakah perlu diisi penuh?

Tidak ... menurutku, diisi 1/3 saja (dari ujung yang terbuka) sudah cukup.[br][br]Pipa ini tidak menangkap satu frekuensi saja, tapi banyak frekuensi (sebagai bonus). Jika satu pipa di tune ke 50Hz, maka pipa ini akan berfungsi menangkap 50Hz, 150Hz, 250Hz, 350Hz, dst.

Frekuensi kelipatan 1,3,5,7,dst (kelipatan bulat ganjil) dari design frequency akan terserap semua.

----

Bass trap ini dapat di letakkan:

1. berdiri di lantai/pojokkan2.

2. tiduran dilantai, misal dibelakang meja komputer (kan biasa ngga di pake apa2).

3. ditaruh dibelakang broadband bass trap.
Melanjutkan poin ke-3. Tersebut diatas bahwa glaswol dan ujung terbuka pipa ini tidak boleh tertutup/terhalangi benda lain. Ini LAIN masalah dengan broadband bass trap yang memang terdiri dari glaswol. Glaswol bukan benda padat, jadi pipa ini bisa di sembunyikan dibalik itu.

----

Pertanyaan yang akan terlempar, lanjutan dari thread diffuser ala Hadie: Apakah bisa kalau bentuk 1/2 silinder sebagai diffuser, salah satu ujung nya di sumbat glaswol seperti ini dan menjadi bass trap?
Yap! feel free to do so!

Apakah glaswol harus mencuat keluar? tidak bisa disumbat ke ujung terbuka pipa tersebut tanpa ada yang keluar2?
Lihat gambar konstruksi diatas sekali lagi. Tidak ada tawar menawar terhadap gambar konstruksi diatas untuk menjadikan bass trap ini efektif.

Hadi

Post: 366
Bergabung: 31 Des 2013, 03:10
Lokasi: USA

Re: [Tuned Bass Trap] Pipa PVC

Postoleh yphs_mst » 23 Feb 2014, 11:44

Apa yang bisa di harapkan dan bagaimana cara mengetes nya?

Okay ... ini lebih cenderung ke aplikasi dan tidak banyak di bahas disini. Misalnya ruangan kalian punya masaah di 50Hz. Pasang subwoofer di ujung ruangan (pojok antara 2 dinding dan lantai), dan mainkan sine wave 50Hz.

Setelah itu, ambil pipa PVC yang sudah dibuat dengan tune 50Hz, dan taruh di salah satu dinding nya (ini harus di cari - tidak di bahas di thread ini). Jika di tengah ruangan 50Hz itu hilang, dengan 1 pipa ini akan menjadi 2-3dB lebih kencang (sangat tergantung ruangan). Jika kalian taruh SATU lagi di sisi dinding seberang, maka seluruh ruangan akan jadi sangat rata.

Untuk membandingkan dan mendengarkan sine wave itu lebih kencang/hilang di tengah ruangan, silahkan cabut glaswolnya. Pipa kosong biasa tidak akan berfungsi menjadi apa2. Pada saat di cabut glaswolnya, seharusnya terasa perubahannya.

And yes, hal ini aku buktiin sendiri pas aku desain, hitung dan konstruksi bass trap ini untuk kantorku sekitar tahun 2007.

Post: 49
Bergabung: 14 Apr 2014, 21:05

Re: [Tuned Bass Trap] Pipa PVC

Postoleh aldy » 05 Sep 2014, 10:55

Mas hadi, tolong ksh contoh ngitung pake rmsnya donk..

Post: 366
Bergabung: 31 Des 2013, 03:10
Lokasi: USA

Re: [Tuned Bass Trap] Pipa PVC

Postoleh yphs_mst » 05 Sep 2014, 20:15

Itu rumus di post pertama aku baru benahi ... ada "enter" yang salah tempat. Rumus pakai ini:

L= [344/(4f)] - [0.61r]
atau L= [86/f] - [0.61r]

Tinggal masukkan f dan r (dalam m), ntar L (panjang pipa) jadi dalam m juga.

Hadi

Kembali ke KAMAR AKUSTIK

Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: Tidak ada pengguna yang terdaftar dan 1 tamu