Suara Berisik Kamar Satu Tembok

Wadah berdiskusi mengenai interior akustik, noise control, bahan-bahan penunjang akustik dan hal-hal lain yang bersangkutan.
Peraturan Forum
Anda sudah login tetapi hanya bisa membaca postingan member lain ? Berarti Anda harus memperkenalkan diri terlebih dahulu secara lengkap pada subforum PERKENALAN MEMBER !
Untuk member yang sudah memposting perkenalan tapi masih belum bisa membalas postingan member lain berarti perkenalan Anda belum di approved admin. Silakan bersabar untuk menunggu 1 x 24 jam.
Apabila postingan Anda belum di approved setelah 1x24 jam, silakan kontak admin di admin@artsonica.com !
Post: 4
Bergabung: 12 Okt 2015, 11:47

Suara Berisik Kamar Satu Tembok

Postoleh bassline » 13 Okt 2015, 09:24

Hi friends, saya mau minta advice nih. saya punya kamar di rumah yang saya jadikan home studio dan home theatre sekaligus. nah problemnya satu tembok kamarnya dengan adik saya yang terus terusan mengeluh mengenai suara tinngi yang menembus ke kamarnya. saya rencana akan pasang peredam di tembok ini. tapi masalahnya adakah peredam yang hanya bersifat bahan atau foam yang hanya satu lapis yang bisa di lekatkan ke tembok? karena saya benar2 tidak ada space/raung extra untuk mebuat partisi peredam (hollow, glasswoll, jarak cm). saya hanya mempunyai beberapa centimeter saja. ada yang bisa rekomen jenis peredam apa yang terbagus buat saya dan dimana untuk membelinya? oh ya nantinya akan di timpa lagi pakai kaca, kayau dan kulit oscar dengan designer interior saya karena mau masuk backdrop furniture untuk tembok tersebut. ditunggu masukanya. thanks a lot.

Suara Berisik Kamar Satu Tembok

Sponsor

Sponsor
 

Post: 365
Bergabung: 31 Des 2013, 03:10
Lokasi: USA

Re: Suara Berisik Kamar Satu Tembok

Postoleh yphs_mst » 13 Okt 2015, 22:16

Permasalahan tembusnya belum tentu 100% dari dinding. Bisa dari celah2, atap, lantai atau lainnya. Penambahan bahan penyerap suara cuma akan mengurangi berisik di dalam kamar, dan membantu dikit dalam tembusnya suara pada high freq, tapi tidak akan ada efeknya untuk low freq. Kalau mau gampang, silahkan coba saja pakai kasur di berdirikan untuk menutup semua dinding, terus lapisi kasur tsb dengan banyak selimut. Bandingkan bedanya di kamar sebelah.

Noise control harus di lakukan dari struktur untuk berhasil dengan baik. Saran ku tetap untuk membuat dinding baru (bukan cuma 1 dinding, tapi semua dinding), terus plafon di renovasi juga. Kalau ini di lantai 2 atau lebih tinggi, tambahan dinding baru bisa berupa gypsum, namun airspace daam tidak dapat di tawar :(

Hadi

Post: 4
Bergabung: 12 Okt 2015, 11:47

Re: Suara Berisik Kamar Satu Tembok

Postoleh bassline » 23 Okt 2015, 08:26

Thanks a lot pak hadi, complain yang saya dapat adalah hi freq pak. Suara vocal pun terdengar. Akan saya coba tutup pakai soundproof mat dulu dinding. Bila kurang baru saya buat partisi soundproof. Ada rekomen pak untuk mat/lapisan yang bagus untuk kedap suara?


Sent from my iPhone using Tapatalk

Post: 365
Bergabung: 31 Des 2013, 03:10
Lokasi: USA

Re: Suara Berisik Kamar Satu Tembok

Postoleh yphs_mst » 23 Okt 2015, 20:37

Suara manusia itu mid freq (200-4000Hz). Kalau high freq (3000Hz keatas) itu gampang di serap, tapi kalau mid itu harus tebal2 penyerap suaranya. Seperti foam 10cm tebalnya.

Sekali lagi, susah menjawab pertanyaan sampeyan: mat/lapisan yang bagus untuk kedap suara? Karena jawabannya adalah melihat/renovasi struktur bangunan untuk noise control. Penambahan bahan penyerap suara bukanlah solusi tepat untuk mengurangi tembus suara ke ruang sebelah.

Kembali ke KAMAR AKUSTIK

Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: Tidak ada pengguna yang terdaftar dan 2 tamu