Glasswool, Rockwool dsb.

Wadah berdiskusi mengenai interior akustik, noise control, bahan-bahan penunjang akustik dan hal-hal lain yang bersangkutan.
Peraturan Forum
Anda sudah login tetapi hanya bisa membaca postingan member lain ? Berarti Anda harus memperkenalkan diri terlebih dahulu secara lengkap pada subforum PERKENALAN MEMBER !
Untuk member yang sudah memposting perkenalan tapi masih belum bisa membalas postingan member lain berarti perkenalan Anda belum di approved admin. Silakan bersabar untuk menunggu 1 x 24 jam.
Apabila postingan Anda belum di approved setelah 1x24 jam, silakan kontak admin di admin@artsonica.com !
Avatar pengguna
Post: 221
Bergabung: 02 Jan 2014, 08:06

Glasswool, Rockwool dsb.

Postoleh RKHSEntentaint » 24 Jun 2015, 02:36

Salam untuk teman-teman Artsonica sekalian special untuk Pak Hadi Sumoro. kali ini saya mau nanya seputar Glasswool, Rockwool, Absorber, Diffuser dsb.

saya mau tanya apa perbedaan antara Glasswool dan Rockwool? barusan saya baca disalah satu artikel bahwa Glasswool itu berbahaya untuk dipake bersifat racun bahannya. apakah Rockwool juga bersifat keras bgtu? sebenarnya saya mebutuhkan akustik treatment untuk ruangan rekam vokal tersendiri. setelah membaca beberapa artikel yg paling rekomendasi adalah booth vokal / sound isolasi. yang jadi pertanyaan ketebalan brpakah yg saya butuhkan untuk menyerap noise dalam ruangan rekam vokal (bukan ruangan kontrol). jelasnya makin ditutup makin panas udara yg berada didalam dan otomatis membutuhkan pendingin sedangkan AC sangat berisik. mohon jalan keluarnya yg bsa membantu terutama pak Hadi yg sudah pakar dalam hal ini, tambahan saja saya pusing kalo di hitung pakai rumus fisika :-s

regards. thanks

Glasswool, Rockwool dsb.

Sponsor

Sponsor
 

Post: 366
Bergabung: 31 Des 2013, 03:10
Lokasi: USA

Re: Glasswool, Rockwool dsb.

Postoleh yphs_mst » 26 Jun 2015, 03:11

Rockwool sama saja glaswool mas (dalam hal akustik). Bahayanya karena banyak partikel kecil yang buat gatel kalau di pegang, dan bisa tertiup angin ke-mana2. Tapi kalau di tutup seperti kain ngga apa2 sih. Alternatif nya ini ya foam. Tapi rata2 foam kalau terbakar lebih berbahaya ketimbang glaswol/rockwol (yang lebih tahan api) ... Aku agak lupa tepatnya, ini cuma dari ingatan saja. Masalah efektifitas penyerapan suara, foam ya bisa bagus juga, cuma biasanya lebih mahal, apalagi kalau tebal.

Penambahan bahan penyerap suara cuma menyerap suara di dalam ruangan itu mas, kalau A/C nya berisik ya harus di urus A/C nya (ganti A/C yang ngga berisik). Dengan menambah penyerap suara full seruangan, paling A/C cuma turun 3-6dB doank. Kalau turun 6dB misalnya, masih terlalu keras, ya memang A/C nya yang harus di ganti.

Makin tebal penyerap suara (foam, glaswol/rockwol), akan makin menyerap freq makin rendah. Untuk 4kHz keatas, penyerapan dengan tebal 5cm dan 10cm ya sama, tapi dibawah 1000Hz bakal beda.

Hadi

Avatar pengguna
Post: 221
Bergabung: 02 Jan 2014, 08:06

Re: Glasswool, Rockwool dsb.

Postoleh RKHSEntentaint » 30 Jun 2015, 17:32

oh iy pak, ngerti. klo mslnya makin tebal sya pake peredam suara, makin di resap ya?

mau nanya lgi pak, yg biasanya dipake di dala ruangan itu apa ya pak? untuk penyerapan, bsa mnta tolong gambarnya.

Post: 366
Bergabung: 31 Des 2013, 03:10
Lokasi: USA

Re: Glasswool, Rockwool dsb.

Postoleh yphs_mst » 01 Jul 2015, 08:52

Hati2 sama kata peredam suara, ngga jelas maksudnya apakah menyerap, atau menahan (buat noise control). Makin tebal, penyerapan makin baik di low freq, tapi di high freq sama saja (sudah aku sebut di post diatas, paragraf terakhir).

Kurang ngerti masalah yang "biasa" dipakai itu apa? Gambar apa yah yang di maksud? Aku masih agak kurang jelas sama persoalannya. Apakah ingin menyerap suara dalam ruangan? Atau ingin isolasi (menahan suara supayangga kesebelah)? Soalnya kata isolasi kan di sebut juga di pos pertama. ROckwol dan glaswol itu bisa di pakai untuk menyerap suara di dalam ruangan, tapi bisa di pakai untuk meningkatkan STC dinding juga (oise control). Jadi bisa di perjelas/persempit topiknya?

Kalau AC memang sumber berisik, ya saranku cari A/C yang lebih tenang. Sekarang sudah banyak koq A/C yang bener2 tenang. Kalau ada dengung sedikit ya bisa diterima lah. Pakai software juga bisa di hilangkan noise seperti itu seperti izotope RX gitu2.

Hadi

Avatar pengguna
Post: 221
Bergabung: 02 Jan 2014, 08:06

Re: Glasswool, Rockwool dsb.

Postoleh RKHSEntentaint » 02 Jul 2015, 13:16

oh iy pak Hadi, maaf klo pertanyaan kurang jelas, krna sya msih awam dengan treatmentnya.

maksud sya isolasi (menahan suara supaya ngga keseblah. sya msh bingung klo untuk ruang kontrol di pakai apa, dan klo di ruang rekaman hrs pake apa dindingnya. tiap kali vokal teriak suaranya bocor ke ruang kontrol, sya ingin suaranya gak bocor lgi, hrus pake apa ya pak?
maaf skli lgi pak atas pertanyaannya yg kurang jelas.

Post: 366
Bergabung: 31 Des 2013, 03:10
Lokasi: USA

Re: Glasswool, Rockwool dsb.

Postoleh yphs_mst » 02 Jul 2015, 21:45

Bisa tolong lihat: viewtopic.php?f=37&t=379
Atau cari thread dengan judul Sound Transmission Class / Transmission Loss.

Kayaknya pertanyaan mas sudah kejawab disitu.

Makasih,

Hadi

Avatar pengguna
Post: 221
Bergabung: 02 Jan 2014, 08:06

Re: Glasswool, Rockwool dsb.

Postoleh RKHSEntentaint » 31 Jul 2015, 23:51

udah ke jawab pak, tapi masih bingung. hehehe maap pak, waktu pelajaran fisika sering bolos jdi hukum massa sering ke lewat. Astaghfirullah. kok jdi curhat.

saya udah keburu nyekat ruangan pak, udah di bagi 2 ruangannya,, ruangan 1 untuk rekaman vokal aja, yang ruangan 1nya untuk kontrol. tapi masih bocor kirakira 60db gitulah suara vokalnya. STC yg sya dpt hanya 15db. yg saya bingungkan, apa harus di bongkar ulang sekatnya atau di buka sebelah aja trus di isi rockwool atau rockwool di tempel di bagian dalam ruang rekaman vokal trus di alasi karpet setelah karpet di kasih foam pyramid. jdi gypsum-airspace-triplek-rockwool-karpet-foam <-- apakah itu efektif untuk reduksi suara dari ruang rekaman vokal? dan 1 hal lagi pak, knpa ruang rekaman vokal saya masih kedengeran reverbnya? jdi pada saat saya mulai rekaman, suara vokal ada reverb naturalnya, trus reverbnya gak enak. itu krna pantulan freq kah? sya bingung pak.

maaf klo prtanyaannya kurang jelas, maklum bhs indo sya jelek. maaf ya pak. maaf, sya awam skli dgn namanya akustik. maaf pak. :(

Post: 366
Bergabung: 31 Des 2013, 03:10
Lokasi: USA

Re: Glasswool, Rockwool dsb.

Postoleh yphs_mst » 01 Agt 2015, 03:35

Masalah tembus itu susah di cari tahu mas ... itu bener2 harus di lihat di lokasinya :( Soalnya tembus belum tentu dari dinding, tapi bisa juga dari tempat lain (plafon, celah, pintu, atau lainnya). Untuk ini ya harus di sketsa total posisi dindingnya dan harus cari konsultan akustik lokal mas. Konsultasi sama aku pribadi lewat jarak jauh pun juga ngga akan menghasilkan macam2 (keculai ingin robak ruangan total, baru bisa aku bantu). Masalah struktur bangunan serba susah mas kalau sudah di buat. Lihat link ttg. STC diatas, dan lihat konstruksi dinding sandwich dengan lapis2 gypsum seperti itu. Tinggal ikuti saja yang STC nya tertinggi (di gambar tsb, nomer A atau D).

Untuk reverb ya harus di serap dengan penyerap seperti karpet, glaswol dilapisi kain atau sejenisnya. Cuma hati2 kalau nambah terlalu banyak penyerap mid-high freq, nanti jadi muddy. Basstrap mungkin dibutuhkan di live room nya. Untuk mengurangi reverb ini, bisa juga pake alat seperti reflexion filter dari SE electronics gitu (http://www.seelectronics.com/reflexion-filter-pro/). Ini bisa bantu kurangi pantulan high freq nya. Untuk pantulan low freq, harus dari akustiknya.

Moga2 bantu dikit.

Kembali ke KAMAR AKUSTIK

Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: Tidak ada pengguna yang terdaftar dan 2 tamu