Penelitian tentang pelepah pisang

Wadah berdiskusi mengenai interior akustik, noise control, bahan-bahan penunjang akustik dan hal-hal lain yang bersangkutan.
Peraturan Forum
Anda sudah login tetapi hanya bisa membaca postingan member lain ? Berarti Anda harus memperkenalkan diri terlebih dahulu secara lengkap pada subforum PERKENALAN MEMBER !
Untuk member yang sudah memposting perkenalan tapi masih belum bisa membalas postingan member lain berarti perkenalan Anda belum di approved admin. Silakan bersabar untuk menunggu 1 x 24 jam.
Apabila postingan Anda belum di approved setelah 1x24 jam, silakan kontak admin di admin@artsonica.com !
Post: 18
Bergabung: 07 Jan 2014, 19:07

Penelitian tentang pelepah pisang

Postoleh Hasbiandi » 12 Mei 2014, 23:29

Hormat para suhu dan teman-teman sekalian, iseng-iseng nyari di internet bahan peredam alternatif. saya menemukan semacam pengakuan ilmiah tentang pelepah pisang yang dapat menjadi bahan alternatif yang dapat meredam suara. pelepah pisang dikatakan cukup efektif untuk meredam suara pada frekuensi tertentu dengan jumlah persen yang berbeda pula. bahkan pelepah pisang ini mempunyai kemampuan menyerap pada kisaran freq antara 125 hertz hingga 1600 hertz.. hati saya bilang "Seriuuushhh?," jika benar atas apa yang dihasilkan penelitian ini, akan sangat membantu untuk siapapun yang ingin membuat studio musik dengan modal terbatas... bagaimana pendapat suhu dan teman-teman tentang penelitian ini?




dibawah ini adalah salah satu link yang sedikit menjelaskan tentang ini..

http://sains.kompas.com/read/2012/11/22 ... edam.Suara


Salam

Penelitian tentang pelepah pisang

Sponsor

Sponsor
 

Post: 366
Bergabung: 31 Des 2013, 03:10
Lokasi: USA

Re: Penelitian tentang pelepah pisang

Postoleh yphs_mst » 13 Mei 2014, 00:09

Sudah pernah aku baca, dan pernah aku bahas dulu .... penelitiannya masih sangat "awal" dan datanya juga aku agak bingung dan artikelnya menurutku agak buat bingung. Lihat dibawah

"Hasil penelitian di Pusat Penelitian dan Pengembangan Permukiman (Puslitbangkim) menunjukkan contoh pelepah pisang setebal 2 sentimeter yang dibawa Maharani mampu meredam suara berfrekuensi 200 hertz hingga 63 persen. Frekuensi itu tergolong frekuensi rendah atau suara bas."

200Hz itu kan low mid, bukan bass/low freq.

"Menurut Maharani, saat ini kemampuan meredam suara dari pelepah pisang belum meliputi seluruh frekuensi suara. Suara frekuensi rendah 125 hertz bisa meredam hingga 51 persen, tetapi pada frekuensi 160 hertz tidak sampai meredam 21 persen. Pada frekuensi tinggi, 2.000 hertz, bisa meredam sampai 55 persen, tapi pada 1.600 hertz hanya 40 persen."

Biasa koefisien penyerapan pakai angka 0 - 1 atau lebih dari 1), atau pakai satuan Sabine. Ini kalau di jadikan persen, aku kira mungkin maksudnya 0-1 yang di persenkan, tapi kurang tahu pastinya ini angka apa. Kata meredam juga ambigu, apakah menyerap? atau menahan (untuk noise control)? Maslah angkanya, itu paling tinggi 2kHz 0,55 saja ... sedang glaswol bisa sampai 1 di freq itu.

"Maharani berharap, hasil penelitiannya bisa bermanfaat bagi pemilik home theatre yang ingin menata akustik ruangan dengan biaya lebih ringan. Selain itu memberi nilai tambah bagi pelepah pisang dan menambah penghasilan petani pisang."

Yah ... gimana masalah dengan mudah terbakar? atau bau? durabilitas jangka lama? atau hewan/hama yang akan suka dengan pelepah pisang ini?

Hadi

Post: 18
Bergabung: 07 Jan 2014, 19:07

Re: Penelitian tentang pelepah pisang

Postoleh Hasbiandi » 13 Mei 2014, 08:22

Waaaah.. begitu ya pak hadi...

Berarti pelepah pisang ini belum memberikan garansi fungsi dan keamanan yang lebih jika digunakan sebagai peredam ruangan ya..

Semoga kedepannya bisa dikembangkan lagi menjadi alternatif yang cukup ideal. Dan lebih bermanfaat..

Salam

Post: 366
Bergabung: 31 Des 2013, 03:10
Lokasi: USA

Re: Penelitian tentang pelepah pisang

Postoleh yphs_mst » 13 Mei 2014, 19:56

Hanya karena di temukan secara "alami" bahwa ini bisa menyerap suara, bukan berarti bisa langsung di aplikasikan seperti hal nya bahan bangunan yang laen. Butuh waktu lagi untuk riset dan putar otak untuk bisa lebih "cocok" jadi bagian dari bangunan (mungkin di semprot apa, atau di lapisi apa).

Hadi

Kembali ke KAMAR AKUSTIK

Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: Tidak ada pengguna yang terdaftar dan 1 tamu