Low Freq Absorber

Wadah berdiskusi mengenai interior akustik, noise control, bahan-bahan penunjang akustik dan hal-hal lain yang bersangkutan.
Peraturan Forum
Anda sudah login tetapi hanya bisa membaca postingan member lain ? Berarti Anda harus memperkenalkan diri terlebih dahulu secara lengkap pada subforum PERKENALAN MEMBER !
Untuk member yang sudah memposting perkenalan tapi masih belum bisa membalas postingan member lain berarti perkenalan Anda belum di approved admin. Silakan bersabar untuk menunggu 1 x 24 jam.
Apabila postingan Anda belum di approved setelah 1x24 jam, silakan kontak admin di admin@artsonica.com !
Post: 3
Bergabung: 12 Feb 2015, 14:34

Low Freq Absorber

Postoleh Edwan Zulkarnaen » 23 Mei 2016, 15:48

Hallo suhu2 akustik smua ! :D

Saya mau numpang tanya sama master2 akustik tentang Low Frequency Absorber (absorber 125 Hz kebawah), mudah2an ada ilmu baru, heheehe.. :D

1. Mana yg lebih efektif, Panel Absorber (atau membrane absorber), Helmholtz, atau Slats Absorber? (dari segi Q value, NRC nya, RT60 nya, dll)
2. Bagaimana penempatan Low Freq Absorber yang tepat? apakah diluar dinding (seperti panel acoustic), atau ditanam didalam dinding (bersama noise barrier)?
3. Selain akibat friksi, apakah material pengisi (glasswool/rockwool) dapat menaikan efisiensi penyerapan absorber tsb? kalo iya, apa material yg terbaik sbg pengisinya?

itu aja, mohon pencerahannya, terimakasih. :)

Low Freq Absorber

Sponsor

Sponsor
 

Post: 364
Bergabung: 31 Des 2013, 03:10
Lokasi: USA

Re: Low Freq Absorber

Postoleh yphs_mst » 24 Mei 2016, 22:52

Perhitungannya sangat rumit dan hasil jadinya juga banyak variasi +/- nya, itulah kenapa susah cari pembahasan ini (tuned absorber) yang konsisten di mana2 (online atau di buku). Yang paling konsisten dari segi hitungan dan pembuatan sejauh ini adalah pipa PVC (lihat thread yang bersangkutan).

1. tidak ada yang lebih efektif/kurang efektif. Semua tergantung kebutuhan. Apakah ingin menyerap freq di range sempit saja (Q tinggi), atau menyerap di 125Hz kebawah, tapi tidak banyak menyerap di 125Hz keatas (Q rendah di low freq).

NRC itu kan rata2 penyerapan di 250Hz ke atas, ya tidak ada hubungannya dengan low freq.

RT60 itu reverb time untuk ruangan besar. Itu cuma parameter saja ... kalau terlalu tinggi, ya penyerap suara bisa di pasang.

2. tergantung cara kerja absorber nya. Kalau absorber nya bersifat pressure based, ya di tanam/sedekat mungkin dengan dinding lebih tepat. Kalau velocity based, lebih tepat di "tengah" ruangan/permukaan, atau bisa di rancang dengan jarak tertentu dari boundary. Hati2 kalau di "tanam" dengan noise barrier, karena bisa mengkompromi noise control jika pemasangan tidak tepat.

3. Materi pengisi jelas punya pengaruh. Lebih mudahnya ini langsung pakai rumus perhitugannya yang bisa di cari online. Banyak yg sediakan slat absorber calculator, tapi jangan kaget kalau beberapa kalkulator akan beda2 jawabannya. Untuk pengisi tuned bass trap biasa pakai yg fluffy atau berdensity rendah.

Hadi

Kembali ke KAMAR AKUSTIK

Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: Tidak ada pengguna yang terdaftar dan 1 tamu