Dasar2 FX utk Mixing

Bahas teknik & seni mixing audio.
Peraturan Forum
Anda sudah login tetapi hanya bisa membaca postingan member lain ? Berarti Anda harus memperkenalkan diri terlebih dahulu secara lengkap pada subforum PERKENALAN MEMBER !
Untuk member yang sudah memposting perkenalan tapi masih belum bisa membalas postingan member lain berarti perkenalan Anda belum di approved admin. Silakan bersabar untuk menunggu 1 x 24 jam.
Apabila postingan Anda belum di approved setelah 1x24 jam, silakan kontak admin di webmaster@artsonica.com !
Avatar pengguna
Post: 7
Bergabung: 31 Jan 2014, 14:55
Lokasi: Baturaja Barat OKU Sumatera Selatan

Dasar2 FX utk Mixing

Postoleh dheddie » 18 Apr 2014, 14:20

Selamat siang semua suhu-2 sound di Artsonica

Ane mo tanya dasar2 FX untuk Mixing...!!!

terima kasih,,, :ymhug:

Dasar2 FX utk Mixing

Sponsor

Sponsor
 

Avatar pengguna
Post: 91
Bergabung: 01 Jan 2014, 12:40

Re: Dasar2 FX utk Mixing

Postoleh androidodo » 18 Apr 2014, 15:42

maksudn FX mixing gimana ya? Bisa lebih spesifik?
Kalo saya mixing sih tergantung bahannya. Kalo bahannya udah bagus ya gak perlu dikasi FX toh?

Saya kasih tips:
Start with balance. Buka session-nya, lalu balance. No EQ, no FX, no anything. Cuma balance pake fader.
Sampe kapan? SAmpe enak didenger dan kamu udah nggak lagi naik-turunin fader, dan kamu udah kebayang mana yang musti di depan, mana yang di belakang, mana yang enakan kenceng, mana yang enakan sayup2.

Avatar pengguna
Post: 7
Bergabung: 31 Jan 2014, 14:55
Lokasi: Baturaja Barat OKU Sumatera Selatan

Re: Dasar2 FX utk Mixing

Postoleh dheddie » 18 Apr 2014, 15:56

androidodo menulis:maksudn FX mixing gimana ya? Bisa lebih spesifik?
Kalo saya mixing sih tergantung bahannya. Kalo bahannya udah bagus ya gak perlu dikasi FX toh?

Saya kasih tips:
Start with balance. Buka session-nya, lalu balance. No EQ, no FX, no anything. Cuma balance pake fader.
Sampe kapan? SAmpe enak didenger dan kamu udah nggak lagi naik-turunin fader, dan kamu udah kebayang mana yang musti di depan, mana yang di belakang, mana yang enakan kenceng, mana yang enakan sayup2.


maksudnya FX untuk Mixing,,,
Biar lagunya nyatu,,,khan hasilnya mentah banget tu bang...
gak enak dengernya hehehehe
setelah baca2 katanya sich Setiap instrument perlu diberi Bumbu EQ yach bang...
Reverb,Compressor itu perlunya di track mana aja bang

Maaf bang NEWBIE banget nie,,,
Banyak tanya :D

Avatar pengguna
Post: 60
Bergabung: 27 Mar 2014, 00:02
Lokasi: Kuningan, Jawa Barat

Re: Dasar2 FX utk Mixing

Postoleh febyafriwan » 23 Apr 2014, 19:42

Gak enak didengernya ya karena belum dimix, sementara proses mix sendiri adalah membuat sound memiliki kedalaman/depth sesuai dengan dimensinya, bila dimensi itu belum diatur ya pasti tidak enak didengar, juga kalau terlalu banyak kedalamannya/tidak balans satu sama lain juga tidak enak dengarnya. Jadi semuanya harus memiliki kedalamannya sendiri-sendiri.

Salam,

Post: 366
Bergabung: 31 Des 2013, 03:10
Lokasi: USA

Re: Dasar2 FX utk Mixing

Postoleh yphs_mst » 23 Apr 2014, 20:07

Efek seperti EQ, reverb, compressor, adalah alat saja. Apakah butuh palu? apakah butuh tang? Semua dilihat dari kebutuhan. Dengarkan track/mix nya, latih telinga, dan cari acuan referensi ... nanti jadi tahu kurangnya apa. Kalau kurangnya apa (atau masalahnya apa) dah tahu, ntar solusi nya bisa di cari tahu butuh alat (efek) apa.

Dan tentu butuh ratusan/ribuan jam kerja untuk menguasai alat2 tersebut untuk jadikan mix nyatu dan bagus.

Avatar pengguna
Post: 7
Bergabung: 31 Jan 2014, 14:55
Lokasi: Baturaja Barat OKU Sumatera Selatan

Re: Dasar2 FX utk Mixing

Postoleh dheddie » 29 Apr 2014, 15:10

febyafriwan menulis:Gak enak didengernya ya karena belum dimix, sementara proses mix sendiri adalah membuat sound memiliki kedalaman/depth sesuai dengan dimensinya, bila dimensi itu belum diatur ya pasti tidak enak didengar, juga kalau terlalu banyak kedalamannya/tidak balans satu sama lain juga tidak enak dengarnya. Jadi semuanya harus memiliki kedalamannya sendiri-sendiri.

Salam,


yphs_mst menulis:Efek seperti EQ, reverb, compressor, adalah alat saja. Apakah butuh palu? apakah butuh tang? Semua dilihat dari kebutuhan. Dengarkan track/mix nya, latih telinga, dan cari acuan referensi ... nanti jadi tahu kurangnya apa. Kalau kurangnya apa (atau masalahnya apa) dah tahu, ntar solusi nya bisa di cari tahu butuh alat (efek) apa.

Dan tentu butuh ratusan/ribuan jam kerja untuk menguasai alat2 tersebut untuk jadikan mix nyatu dan bagus.


Oke bang febyafriwan & yphs_mst makasih atas jawabannya...terima kasih banyak bang.

Kembali ke Mixing

Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: Tidak ada pengguna yang terdaftar dan 3 tamu