problematika musik etnik

Bahas teknik & seni mixing audio.
Peraturan Forum
Anda sudah login tetapi hanya bisa membaca postingan member lain ? Berarti Anda harus memperkenalkan diri terlebih dahulu secara lengkap pada subforum PERKENALAN MEMBER !
Untuk member yang sudah memposting perkenalan tapi masih belum bisa membalas postingan member lain berarti perkenalan Anda belum di approved admin. Silakan bersabar untuk menunggu 1 x 24 jam.
Apabila postingan Anda belum di approved setelah 1x24 jam, silakan kontak admin di webmaster@artsonica.com !
Post: 18
Bergabung: 10 Jan 2014, 15:28
Lokasi: makassar

problematika musik etnik

Postoleh taufik akbar » 29 Jun 2014, 02:06

salam semuaaa...barusan sdh record musik etnik MAKASSAR klien mengatakan tidak balance...yang sy tangkap dari klien antara besar kecilnya... namun di sisi lain kedua instrumen ini mempunyai frek yg sangat jauh berbeda "GENDANG DAN KECAPI" dimana GENDANG kira2 berada di frek 31-135 Hz sedangkan KECAPI berada 500-1 kHz...sy bingung ngebalance untuk masalah besar-kecilnya...kira2 menurut para master gimana yaa tanpa harus menghilangkan timbre "warna bunyi" alat etnik tersebut...makasih #ngarep_didiskusikan... :D

problematika musik etnik

Sponsor

Sponsor
 

Post: 365
Bergabung: 31 Des 2013, 03:10
Lokasi: USA

Re: problematika musik etnik

Postoleh yphs_mst » 29 Jun 2014, 08:37

AKu agak meragukan angka frequency yang tertera di post pertama. Gendang ngga mngkin sampa 135Hz saja, past lebih dari itu. Kalau bicarakan energi fundamental tone nya dimana, mungkin betul, tapi energi overtones atau harmonics nya jelas jauh diatas 135Hz.

Pertama, baca: http://www.hadisumoro.com/uploads/2/5/5 ... audio1.pdf mengenai apa itu overtones atau harmonics
Kedua, baca: http://www.hadisumoro.com/uploads/2/5/5 ... mic-eq.pdf mengenai suara yang natural

*penjelasan dibawah ini akan membingungkan tanpa mengerti 2 artikel diatas

Tiap suara pasti punya suatu kondisi natural/alami ... paling gampang .. suruh pemain kecapi atau gendang memainkan ini ditengah lapangan, tanpa ada dinding dll ... (wilayah yang terbuka), dan dengarkan kandungan frekuensi nya ... untuk menjadikan recording terdengar alami/natural, ya spectral balance nya harus mendekati ini ... jelas sering2 mendengarkan instrumen yang bersangkutan akan sangat membantu untuk mixing/recording alat2 musik tradisional.

Poinku, jangan kejar angka frekuensinya secara gamblang .. tapi dengarkan seberapa alami suaranya antara di kuping, dan yang terekam lalu ter-reproduksi sama monitor/speaker. Analisa kenapa koq "ngga alami" recording/playbacknya dengan mengetahui spectral balance overtones dan fundamentalnya ... kalau ngerti masalahnya dimana, maka EQ ing akan lebih terfokus. Ini berbicara dari pengalamnku karena sering recording dan mixing string player.

Hadi

Post: 18
Bergabung: 10 Jan 2014, 15:28
Lokasi: makassar

Re: problematika musik etnik

Postoleh taufik akbar » 29 Jun 2014, 16:42

banyak juga berangkapan musik yg balance itu mengikuti keseimbangan frek...besar kecilnya audio...dari budaya barat...bukankah instrumen budaya nusantara qta berbeda dgn budaya barat...?terkadang ini juga yg jadi tantangan buat saya untuk memproduksi musik nusantara "makassar"

Post: 365
Bergabung: 31 Des 2013, 03:10
Lokasi: USA

Re: problematika musik etnik

Postoleh yphs_mst » 30 Jun 2014, 00:47

Nah ... ini salah satu pikiran yang mencampuradukkan antara art dan science. Dalam audio, ada unsur art dan science nya. Keseimbangan freq yang dimaksud adalah spectral balance ini adalah cara pandang segi teknis/science. Dengan mic'ing sebuaah instrumen ... suara instrumen itu akan kena "filter". Mic/preamp/ruangan/dll itu adalah filter dan akan membuat spectral balance yang terdengar langsung sama telinga (instrumen - udara - telinga) berbeda dengan yang terrekam/playback (instrumen - udara - alat2 rekam - speaker - udara - telinga). Alat2 rekam/speaker ini lah filter extra yang mengubah tonal balancenya, yang perlu kita "perbaiki" atau "revisi" sebagai engineer dengan EQ-ing. Ini adalah sudut pandang teknis nya .. Gimana cara mengerti membenahinya? ya dengan cara listening instrumen aslinya di lalu dengan pengalaman dan pendidikan di buidang audio, kita translasi ke unsur teknis (EQ, cara rekam dll).

Contoh ... gamelan itu didominasi suara logam ... dengan menggunakan mic yang bright, preamp yang bright, ... ya hasilnya pasti over-bright dan membuat fundamental tone nya berkurang. Tapi dengan EQ yang tepat, audio engineer bisa memperbaiki spectral balance ini, entah memakai cara pemikiran yang aku sebut di pdf diatas atau dengan cara pemikiran yang laen. Toh pendekatan EQ itu macam2.

Hadi

Post: 365
Bergabung: 31 Des 2013, 03:10
Lokasi: USA

Re: problematika musik etnik

Postoleh yphs_mst » 30 Jun 2014, 01:17

Mengenai pola pikir penggunaan alat, sudah di bahas disini juga: viewtopic.php?f=11&t=194&start=50 dan yang nanya juga sama

Post: 18
Bergabung: 10 Jan 2014, 15:28
Lokasi: makassar

Re: problematika musik etnik

Postoleh taufik akbar » 02 Jul 2014, 22:39

wawwww...luar biasaaaa...harus banyak belajar akustik dan organologi lagi donggg...hahahahahaha...

Kembali ke Mixing

Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: Tidak ada pengguna yang terdaftar dan 1 tamu