Apakah SE butuh Absolute / Perfect Pitch (Titi nada mutlak)?

Bahas SDM alias manusia dibalik sebuah studio profesional juga tips 'n trick meningkatkan skill.
Peraturan Forum
Anda sudah login tetapi hanya bisa membaca postingan member lain ? Berarti Anda harus memperkenalkan diri terlebih dahulu secara lengkap pada subforum PERKENALAN MEMBER !
Untuk member yang sudah memposting perkenalan tapi masih belum bisa membalas postingan member lain berarti perkenalan Anda belum di approved admin. Silakan bersabar untuk menunggu 1 x 24 jam.
Apabila postingan Anda belum di approved setelah 1x24 jam, silakan kontak admin di webmaster@artsonica.com !
Avatar pengguna
Post: 60
Bergabung: 27 Mar 2014, 00:02
Lokasi: Kuningan, Jawa Barat

Apakah SE butuh Absolute / Perfect Pitch (Titi nada mutlak)?

Postoleh febyafriwan » 23 Apr 2014, 20:43

Salam jumpa untuk rekan-rekan se-forum, mohon maaf sebelumnya bila salah kamar, :D

Ada sebuah istilah yang terkesan 'penting' dalam dunia audio, yaitu 'Perfect Pitch', bisa diartikan sebagai kemampuan seseorang dalam menghafal titi nada mutlak, jadi bila kita tekan tuts E5 pada piano, maka dia bisa dengan tepat menyebutkan nada E5, :P

Para musisi klasik seperti Mozart dan Beethoven diyakini memiliki kemampuan tersebut dari bakatnya. Dan semakin ke era sekarang semakin sedikit orang yang memiliki kemampuan tersebut. Tetapi lembaga pendidikan di luar negeri rata-rata memiliki kurikulum agar bisa melatih kepekaan telinga terhadap pitch tersebut, sehingga bisa diperoleh kemampuan yang 'mendekati' perfect pitch itu tadi. Dan bila seseorang telah memiliki kemampuan itu biasanya berprofesi sebagai penyetem alat musik piano dan organ.

Seiring dengan perkembangan dunia digital, sepertinya kemampuan tsb. mulai dilupakan / seolah dilupakan, dan bukan merupakan sebuah kebutuhan. Di negara kita sepertinya belum ada yang memiliki kemampuan perfect pitch tersebut, CMIIW :roll:
Rata-rata penyanyi mempelajari solfegio dengan konsep 'Movable Do' jadi yang diingat hanya interval pada setiap tangga nada, BUKAN menghafal nadanya.

Nah, kaitannya dengan kita sebagai Sound Engineer (terlebih yang merangkap sebagai composer) sepertinya perlu mengubah paradigma 'Movable Do' menjadi 'Fixed Do'. Dengan harapan dari negara kita muncul seseorang / banyak orang :o yang memiliki Perfect Pitch :)

Bagaimana menurut rekan-rekan, apa profesi SE membutuhkan kemampuan Perfect Pitch?

Salam,

Apakah SE butuh Absolute / Perfect Pitch (Titi nada mutlak)?

Sponsor

Sponsor
 

Post: 366
Bergabung: 31 Des 2013, 03:10
Lokasi: USA

Re: Absolute Pitch / Perfect Pitch (Titi nada mutlak)

Postoleh yphs_mst » 23 Apr 2014, 21:55

Mas, BANYAK yang punya perfect pitch (termasuk orang Indo), tapi ngga di publikasikan saja. Juga, bukan untuk nada alat musik saja.. bahkan mesin mobil pun bisa tahu nadanya apa. Ini sudah di bahas di buku ku: viewtopic.php?f=43&t=283.

Kurikulum bukan faktor utama. Untuk dapatkan perfect pitch, itu tergantung dari pendidikan musik pas masih kecil dan jenis instrumen yang dimainkan ... single note instrumen akan lebih banyak membantu ketimbang multi-note instrument.

Kalau RELATIVE PITCH, itu memang sesuatu yang banyak di taruh di kurikulum musik negara barat, walau China, Jepang dan negara ASia lainnya juga sudah banyak yang lakukan ini, malah dikit lebih baik/kuat daripada negara barat. Salah satu yang gampang ya moveable do itu bisa membantu penguasaan relative pitch kalau di ajarkan dengan benar.

TIDAK, sound engineer tidak perlu perfect pitch. Tapi SE seharusnya bisa berkomunikasi dengan musisi, entah ngerti "cara" berbicara musik, cara baca not balok, atau lainnya.

Hadi

Avatar pengguna
Post: 60
Bergabung: 27 Mar 2014, 00:02
Lokasi: Kuningan, Jawa Barat

Re: Absolute Pitch / Perfect Pitch (Titi nada mutlak)

Postoleh febyafriwan » 24 Apr 2014, 05:10

Nah ini dia kajiannya, mohon maaf kalau saya belum tahu perihal adanya buku Pak Hadi tentang Akustik, pastinya di halaman 38 sudah dibahas detail ^:)^

Thanks atas jawabannya Pak, :) btw bukunya masih bisa dipesan nggak? =p~

Salam,

Site Admin
Avatar pengguna
Post: 1583
Bergabung: 23 Des 2013, 06:53
Lokasi: Jakarta & Bandung

Re: Absolute Pitch / Perfect Pitch (Titi nada mutlak)

Postoleh agushardiman » 24 Apr 2014, 19:13

febyafriwan menulis:Di negara kita sepertinya belum ada yang memiliki kemampuan perfect pitch tersebut, CMIIW :roll:

Banyak mas, yang saya tahu karena saya pernah berinteraksi dengan mereka yaitu mas Indra Lesmana, mas Dwiki Dharmawan dan guru jazz saya Bambang Nugroho. Juga Elfa Seciora. Saya lihat & alami sendiri saat ada di depan mereka. Bahkan mereka bisa dengar dalam satuan cent, bukan cuma semitone. Sbg info, 1 semitone = 100 cent.

Saya dulu pernah jadi guru piano di Bandung & salah satu murid saya yg autisme itu perfect pitch. Ceritanya lucu, pas saya ngajar trus ringer handphone saya bunyi (dulu masih ringtone yg monophonic), murid saya itu langsung mainin progresi chord yg njlimet mengiringi lagu ringtone ini tanpa cek nada dulu. Trus saya tes dgn jatuhkan uang receh di lantai, dia seketika bisa niru bunyinya dgn pencet tuts piano yg nadanya sama :D

Btw, perfect pitch memang sesuatu yg istimewa tapi itu bukan satu2nya hal penting. Mayoritas musisi atau sound engineer gak perfect pitch tapi tetap menghasilkan karya yg dahsyat. Ada banyak skill lain yg lebih penting utk menjadikan seorang itu sukses !

Analoginya, perfect pitch itu seperti driver yg punya peta GPS yg bisa bantu menjelajah tapi tanpa kemampuan nyetir yg baik & keahlian ttg mesin, dia gak berarti apa2 :D

Salam.
AGUS HARDIMAN
http://www.AgusHardiman.com - Jasa produksi musik & seminar audio
http://www.ArtSonica.com - HOME of ArtSonica
http://www.School.ArtSonica.com - Sekolah music production
http://www.Blog.ArtSonica.com - Artikel & tips audio GRATIS !
http://www.youtube.com/ArtSonica - Channel youtube
http://www.Books.ArtSonica.com - Buku audio & music production COMING SOON !
http://www.JobMusik.net - Situs Portal Jasa Musik Indonesia

Post: 366
Bergabung: 31 Des 2013, 03:10
Lokasi: USA

Re: Apakah SE butuh Absolute / Perfect Pitch (Titi nada mutl

Postoleh yphs_mst » 25 Apr 2014, 08:03

Analoginya bagus tuh mas ...! GPS perfect pitch, google map print out relative pitch .... hahaha ...

Buku ku bisa lihat di sub forum HX Audio Lab :)

Post: 7
Bergabung: 01 Jan 2014, 10:26

Re: Apakah SE butuh Absolute / Perfect Pitch (Titi nada mutl

Postoleh Tommy » 25 Apr 2014, 13:38

Betul sekali yang dikatakan Mas Hadi dan Mas Agus di Indonesia banyak sekali orang yang bisa perfect pitch, kebetulan teman saya juga perfect pitch yang bukan hanya satu nada melainkan chord-chord jazz juga bisa dicontoh persis sama dia mangkanya dia banyak transcript dari phrasing-phrasing yang dipakai sama Art Tatum,Oscar Peterson, Charlie Parker, dll. Cuman ada satu hal yang menurut saya agak aneh karena beliau seorang composer dan player bukan sebagai sound engineering syaa pernah coba test untuk frekuensi tapi hasilnya dia ngga bisa tebak frekuensi. apakah ini memang sesuatu yang berbeda ya?

Yang saya tahu sebagian besar anak yang dari kecil memang belajar classical music rata-rata mereke perfect pitch, di Indonesia banyak sekali anak-anak kecil yang perfect pitch cuman biasanya untuk latihan hearing ini lebih baik dan mudah dilakukan sejak kecil (golden year = usia 3-6 tahun) lebih dari itu biasanya susah.

Saya sendiri perfect pitch kalau memang bunyi berasal dari instrument tapi seandainya ada orang nyanyi (bukan calssical singer) yang tanpa musik saya masih kesulitan untuk langsung menebak penyanyi tersebut menyanyi di key apa.

Post: 25
Bergabung: 10 Feb 2014, 20:15

Re: Apakah SE butuh Absolute / Perfect Pitch (Titi nada mutl

Postoleh Sutanantonius » 27 Apr 2014, 18:09

Coba kasih pendapat ya mas.
Menurut saya tidak perlu tapi tetap dapat diterapkan.

Begini nih mas kalo perfect pitch itu kan erat hubungannya dengan fundamental frequency. Sementara dalam dunia sound engineering, selain fundamental freq kita juga perlu mengindahkan faktor harmonics dan partialnya, karena kita mengatur hubungan interaksi antara banyak source baik itu suara manusia maupun instrumen akustik atau elektronik serta lingkungannya, yang tidak hanya dipengaruhi oleh pitch yg lebih ke fundamental freq, tapi juga timbre yang mengacu ke harmonics dan partialnya. (asyikk berat bahasanya :D )

Tapi perfect pitch bisa aplikatif juga tentunya di dunia sound engineering, contohnya kalo dalam proses ringing monitor system di live, ga usah pake RTA langsung tau tuh frekuensi berapa yg perlu di-cut di graphic eq, dengan catatan udah ngerti gmn translate nada ke satuan frekuensi (Hz). Nah soundman lapangan udah byk yg bisa, tp kyknya ga bisa dibilang perfect pitch juga sih :lol:

Gitu aja dari saya. :ympeace:

Site Admin
Avatar pengguna
Post: 1583
Bergabung: 23 Des 2013, 06:53
Lokasi: Jakarta & Bandung

Re: Apakah SE butuh Absolute / Perfect Pitch (Titi nada mutl

Postoleh agushardiman » 05 Mei 2014, 21:09

yphs_mst menulis:Analoginya bagus tuh mas ...! GPS perfect pitch, google map print out relative pitch .... hahaha ...

Hahaha iya mas, Google Maps relative =))

Tommy menulis:Cuman ada satu hal yang menurut saya agak aneh karena beliau seorang composer dan player bukan sebagai sound engineering syaa pernah coba test untuk frekuensi tapi hasilnya dia ngga bisa tebak frekuensi. apakah ini memang sesuatu yang berbeda ya?

Mungkin krn manusia lebih mudah mengasosiasikan not dgn sesuatu sedangkan mengasosiasikan frekwensi berupa angka Hertz lebih susah / abstrak :D Juga dari awal hidupnya, yg diingat adalah not, bukan frekwensi. Mungkin kalo dari awal dia udah mengingat bunyi berdasarkan frekwensi, bisa aja dia hafal :D

Tommy menulis:Saya sendiri perfect pitch kalau memang bunyi berasal dari instrument tapi seandainya ada orang nyanyi (bukan calssical singer) yang tanpa musik saya masih kesulitan untuk langsung menebak penyanyi tersebut menyanyi di key apa.

Selamat mas, gak banyak org yg perfect pitch (walau cuma di instrumen) :-bd
Menurut saya itu karena kebiasaan saja, dari awal bermusik lebih akrab dgn instrumen musik tapi kurang mendengar vokal. Orang lain mungkin ada yg sebaliknya :D

Sutanantonius menulis:Begini nih mas kalo perfect pitch itu kan erat hubungannya dengan fundamental frequency. Sementara dalam dunia sound engineering, selain fundamental freq kita juga perlu mengindahkan faktor harmonics dan partialnya, karena kita mengatur hubungan interaksi antara banyak source baik itu suara manusia maupun instrumen akustik atau elektronik serta lingkungannya, yang tidak hanya dipengaruhi oleh pitch yg lebih ke fundamental freq, tapi juga timbre yang mengacu ke harmonics dan partialnya. (asyikk berat bahasanya :D )

Seharusnya bunyi tetap aja sama, baik di dunia musik maupun sound engineering. Misalnya ada bunyi piano atau vokal, dimanapun dia, pasti ada fundamental & harmonic. Bukan karena kita buka di DAW terus muncul harmonic kan? Tapi emang bahasamu keren mas :D

Tapi perkataan mas ada benarnya juga mungkin. Saat meng-enjiner, kita 'lebih' butuh dengar harmonics selain fundamental.
Tetap saya rasa spt jawaban saya di atas...karena angka frekwensi Hertz lebih susah di asosiasikan dgn sesuatu spt not yg dgn mudah di asosiasikan dgn sesuatu (misalnya warna).

Btw, jadi inget thn 1987 saya sampai beli Perfect Pitch Training dari David L Burge dari Amerika, nunggu 6 bulan baru sampe (dulu masih bentuk kaset) :D
Poinnya beliau, pitch perfect bisa dipelajari yaitu dgn mengasosiasikan nada dgn warna. Misalnya not C dgn warna kuning, D dgn merah (bebas milih warna sesuai selera pribadi). Lalu lakukan latihan setiap pagi bangun tidur dgn asosiasi ini sampai bbrp minggu. Tapi saya tidak berhasil punya pendengaran Perfect Pitch, mungkin karena malas latihan atau memang itu 'bullshit' ;) Saya gak tau juga :D
Cek deh yg ini : http://www.discount.perfectpitch.com/chapter1.htm

Salam.
AGUS HARDIMAN
http://www.AgusHardiman.com - Jasa produksi musik & seminar audio
http://www.ArtSonica.com - HOME of ArtSonica
http://www.School.ArtSonica.com - Sekolah music production
http://www.Blog.ArtSonica.com - Artikel & tips audio GRATIS !
http://www.youtube.com/ArtSonica - Channel youtube
http://www.Books.ArtSonica.com - Buku audio & music production COMING SOON !
http://www.JobMusik.net - Situs Portal Jasa Musik Indonesia

Post: 366
Bergabung: 31 Des 2013, 03:10
Lokasi: USA

Re: Apakah SE butuh Absolute / Perfect Pitch (Titi nada mutl

Postoleh yphs_mst » 06 Mei 2014, 01:13

Perfect pitch itu bukan perfect frequency lho ya :) pitch itu bukan freq.

Frequency = banyaknya getaran per detik
Pitch = sensasi pendengaran karena frekuensi sebuah suara

Jelas perfect pitch ngga ada hubungannya dengan freq analyzer ... pitch lebih ke urusan musikal ;)

Post: 25
Bergabung: 10 Feb 2014, 20:15

Re: Apakah SE butuh Absolute / Perfect Pitch (Titi nada mutl

Postoleh Sutanantonius » 06 Mei 2014, 17:18

Asyik nih diskusi sama mas Agus dan mas Hadi. :ymhug:

Btw, jadi inget thn 1987 saya sampai beli Perfect Pitch Training dari David L Burge dari Amerika, nunggu 6 bulan baru sampe (dulu masih bentuk kaset) :D
Poinnya beliau, pitch perfect bisa dipelajari yaitu dgn mengasosiasikan nada dgn warna. Misalnya not C dgn warna kuning, D dgn merah (bebas milih warna sesuai selera pribadi). Lalu lakukan latihan setiap pagi bangun tidur dgn asosiasi ini sampai bbrp minggu. Tapi saya tidak berhasil punya pendengaran Perfect Pitch, mungkin karena malas latihan atau memang itu 'bullshit' ;) Saya gak tau juga :D
Cek deh yg ini : http://www.discount.perfectpitch.com/chapter1.htm


Itu saya juga pernah cobain mas, sampe kyk org gila saya ga mudeng2 :))
Tapi sepertinya org yang perfect pitch itu mmg bakat dari lahir. Kalo mau belajar mgkn musti bertapa dulu sama kang David L Burgenya lgsg hehehe..

Banyak mas, yang saya tahu karena saya pernah berinteraksi dengan mereka yaitu mas Indra Lesmana, mas Dwiki Dharmawan dan guru jazz saya Bambang Nugroho. Juga Elfa Seciora. Saya lihat & alami sendiri saat ada di depan mereka. Bahkan mereka bisa dengar dalam satuan cent, bukan cuma semitone. Sbg info, 1 semitone = 100 cent.

Saya dulu pernah jadi guru piano di Bandung & salah satu murid saya yg autisme itu perfect pitch. Ceritanya lucu, pas saya ngajar trus ringer handphone saya bunyi (dulu masih ringtone yg monophonic), murid saya itu langsung mainin progresi chord yg njlimet mengiringi lagu ringtone ini tanpa cek nada dulu. Trus saya tes dgn jatuhkan uang receh di lantai, dia seketika bisa niru bunyinya dgn pencet tuts piano yg nadanya sama :D


Menurut saya orang2 sperti ini yang bener2 bisa dibilang perfect pitch.. Kalo sekedar apal nada piano karena terbiasa, ga cukup untuk dibilang perfect pitch, sekali lagi menurut saya lho.

Di sini saya mencoba menyelami bakat orang2 yg perfect pitch ini. Karena kasarnya ga ada anak kecil berbakat yang bakal tau suara koin jatuh itu pitchnya B6 fales dikit kalo ga tau B6 itu suaranya kyk gmn, sepertinya org2 ini berbakat menghafal dan mengidentifikasi bukan hanya pitch dari suatu bunyi tapi konten fundamental frekuensinya (saya liat dari fisiologis suara), yang kemudian dia referensikan ke suatu acuan. Kalo orang itu belajar musik, tentunya acuannya tangga nada, karena ear trainingnya referensinya ke situ, maka jadi lah dia seorang musisi berbakat yang memiliki perfect pitch.

Pertanyaannya, mungkin ga kalo orang yang sama belajar jadi sound engineer, dmn salah satu ear trainingnya dengan belajar dengerin sine wave yang acuannya frequency, hingga orang yang berbakat itu bisa juga mengaplikasikan ke contoh yg disebut diatas (denger feedback, lgsg tau itu di frekuensi brp)?

Nah kalo orang ini ga minat belajar musik atau sound engineer saya yakin orang berbakat ini hanya jadi orang normal deh karena bakatnya tidak digunakan. :mrgreen:

Dan tiba2 saya teringat video ini :))

Berikutnya

Kembali ke Brainware Pro Studio

Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: Tidak ada pengguna yang terdaftar dan 1 tamu