Kuliah Musik ? Pro atau Kontra ?

Bahas SDM alias manusia dibalik sebuah studio profesional juga tips 'n trick meningkatkan skill.
Peraturan Forum
Anda sudah login tetapi hanya bisa membaca postingan member lain ? Berarti Anda harus memperkenalkan diri terlebih dahulu secara lengkap pada subforum PERKENALAN MEMBER !
Untuk member yang sudah memposting perkenalan tapi masih belum bisa membalas postingan member lain berarti perkenalan Anda belum di approved admin. Silakan bersabar untuk menunggu 1 x 24 jam.
Apabila postingan Anda belum di approved setelah 1x24 jam, silakan kontak admin di webmaster@artsonica.com !
Post: 27
Bergabung: 01 Jan 2014, 01:04

Kuliah Musik ? Pro atau Kontra ?

Postoleh frhndwi » 12 Jan 2014, 23:45

Hai semua.

Berhubung sebentar lagi saya lulus SMA, saya punya niat untuk kuliah di jurusan musik. Tapi ketika saya sedang browsing di google dengan keyword "Kuliah Musik" yang muncul adalah "10 jurusan kuliah yang paling sulit mendapatkan pekerjaan." Saya langsung sedikit down. Menurut temen2 gimana nih ? sebaiknya saya ikutin kata hati untuk tetep kuliah dibidang musik atau kuliah di jurusan lain sambil ngembangin kemampuan musik saya ?

Mohon sarannya ya...

Kuliah Musik ? Pro atau Kontra ?

Sponsor

Sponsor
 

Site Admin
Avatar pengguna
Post: 1583
Bergabung: 23 Des 2013, 06:53
Lokasi: Jakarta & Bandung

Re: Kuliah Musik ? Pro atau Kontra ?

Postoleh agushardiman » 13 Jan 2014, 08:21

Halo Farhan,
Udah baca topik ini ? Jadi Expert harus sekolah ya?

Kalo dari saya, mau sekolah atau belajar di jalanan, poinnya adalah kita mesti belajar dari semua sumber. Sama seperti kita mau ke suatu tempat/tujuan, kadang2 kita pake motor, kadang2 pake mobil, kadang2 pake angkot, bis, becak, jalan kaki dll. Jangan terpaku dgn satu cara saja karena justru itu yg bikin banyak hambatan, gunakan semua cara yg ada \m/

Saya sendiri punya sekolah audio dan dari ratusan murid saya, saya bisa ambil kesimpulan bahwa yg sukses adalah yang punya potensi / bakat awal dan kerja keras utk sukses dan punya passion / semangat yg tinggi. Kerja keras disini artinya jatuh bangun 1000x, ditolak dimana2 dan gak putus asa dll. Mereka bisa sukses karena ada passion yaitu mengerjakan sesuatu yg mereka cintai.

Kalau kamu punya mindset, saya sekolah supaya saya gak capek2 usaha, supaya saya dikasih tau aja cara mudahnya...saya jamin kamu gak akan sukses [-x

Nah utk dirimu, coba tanyakan apakah termasuk yg cepat putus asa atau tipe yg tahan banting ? Udah tau kan yg mana yg sukses ? :D

Ini berlaku utk semua bidang koq. Hanya bedanya di musik, kita mengerjakan sesuatu yg kita sukai, yg bagi saya, gak dibayarpun saya udah senang utk kerja :D

Jadi intinya bukan sekolahnya tapi orangnya sendiri yg menentukan sukses atau enggaknya ;)

Salam.
AGUS HARDIMAN
http://www.AgusHardiman.com - Jasa produksi musik & seminar audio
http://www.ArtSonica.com - HOME of ArtSonica
http://www.School.ArtSonica.com - Sekolah music production
http://www.Blog.ArtSonica.com - Artikel & tips audio GRATIS !
http://www.youtube.com/ArtSonica - Channel youtube
http://www.Books.ArtSonica.com - Buku audio & music production COMING SOON !
http://www.JobMusik.net - Situs Portal Jasa Musik Indonesia

Avatar pengguna
Post: 64
Bergabung: 26 Des 2013, 23:39
Lokasi: Denpasar-Bali

Re: Kuliah Musik ? Pro atau Kontra ?

Postoleh GospelKeyboardist » 13 Jan 2014, 11:13

agushardiman menulis:Halo Farhan,
Udah baca topik ini ? Jadi Expert harus sekolah ya?

Kalo dari saya, mau sekolah atau belajar di jalanan, poinnya adalah kita mesti belajar dari semua sumber. Sama seperti kita mau ke suatu tempat/tujuan, kadang2 kita pake motor, kadang2 pake mobil, kadang2 pake angkot, bis, becak, jalan kaki dll. Jangan terpaku dgn satu cara saja karena justru itu yg bikin banyak hambatan, gunakan semua cara yg ada \m/

Saya sendiri punya sekolah audio dan dari ratusan murid saya, saya bisa ambil kesimpulan bahwa yg sukses adalah yang punya potensi / bakat awal dan kerja keras utk sukses dan punya passion / semangat yg tinggi. Kerja keras disini artinya jatuh bangun 1000x, ditolak dimana2 dan gak putus asa dll. Mereka bisa sukses karena ada passion yaitu mengerjakan sesuatu yg mereka cintai.

Kalau kamu punya mindset, saya sekolah supaya saya gak capek2 usaha, supaya saya dikasih tau aja cara mudahnya...saya jamin kamu gak akan sukses [-x

Nah utk dirimu, coba tanyakan apakah termasuk yg cepat putus asa atau tipe yg tahan banting ? Udah tau kan yg mana yg sukses ? :D

Ini berlaku utk semua bidang koq. Hanya bedanya di musik, kita mengerjakan sesuatu yg kita sukai, yg bagi saya, gak dibayarpun saya udah senang utk kerja :D

Jadi intinya bukan sekolahnya tapi orangnya sendiri yg menentukan sukses atau enggaknya ;)

Salam.


Syuperrrr Sekali Pak Agus

Betul saya setuju berat sama pernyataan Pak Agus.

Visi+Kerja Keras/Usaha kuat+Doa= Sukses

Itu yang selalu saya pegang, kebetulan saya dulu juga sekolah musik dan sempat juga
belajar ditempat Pak Agus tahun 2005 hehe (kok jd curcol)

Belajar/Bisnis apapun kamu harus All Out, kalo kita sudah All Out dan menjaga hidup benar, saya yakin kok Tuhan gak akan diem untuk memberikan RejekiNya.

Bahkan sy melihat banyak orang dulu kulian non musik, sekarang making money nya dibidang Musik hahaha...soalnya kerja yg kita sukai dan menghasilkan itu kepuasannya double.

Pak Agus Hardiman salah satu contoh hebat yg bisa kita lihat.
Lainnya ada Purwa Caraka dsb.

Tekun dan cintai apa yg kamu lakukan.

Hehe jadi ingat, masih byk ortu gak mau kasih anaknya nikah sama musisi hehe
Katanya ntar mo kasih makan apa? Tapi buktinya hari ini saya selalu makan enak sama istri saya hehe.
Semoga pengalaman saya dan masih byk musisi bisa jadi penyemangat buat kamu.
Gbu.

http://www.soundcloud.com/poleepapilaya
Cheap Think Not Good, Good Think Not Cheap

Post: 10
Bergabung: 27 Des 2013, 15:19
Lokasi: bandung

Re: Kuliah Musik ? Pro atau Kontra ?

Postoleh xony » 13 Jan 2014, 11:56

Kalo udah yakin bahwa kompetensi mas Frhndwi di bidang tsb (apapun itu) berangkat aja mas \m/
Lbh afdol lg klo mas sdh punya fundamen musik yg bagus sebelum ambil kuliah tsb, krn kuliah musik tidaklah lama sementara membangun kemampuan musik / musical nauzubillah lama bgt / seumur hidup
Poin saya adalah agar kita menemukan kompetensi diri kita yg paling menonjol diantara semua potensi kemampuan kita dan langsung fokus kesitu.
Ini susah dan kudu bener sejak awal. Anak muda kudu hati2 "mengikuti kata hati" krn biasanya tidak berdasar pada kompetensinya tp lebih pada melihat hal2 yg dianggapnya memikat pada bidang tsb.

salam
@XONYjingleworks

Site Admin
Avatar pengguna
Post: 1583
Bergabung: 23 Des 2013, 06:53
Lokasi: Jakarta & Bandung

Re: Kuliah Musik ? Pro atau Kontra ?

Postoleh agushardiman » 13 Jan 2014, 12:00

GospelKeyboardist menulis:Visi+Kerja Keras/Usaha kuat+Doa= Sukses
Tekun dan cintai apa yg kamu lakukan.

Setujuuuu :-bd
Doa itu penting & lupa saya sebutin tadi :D

GospelKeyboardist menulis:Hehe jadi ingat, masih byk ortu gak mau kasih anaknya nikah sama musisi hehe
Katanya ntar mo kasih makan apa? Tapi buktinya hari ini saya selalu makan enak sama istri saya hehe.
Semoga pengalaman saya dan masih byk musisi bisa jadi penyemangat buat kamu.
Gbu.

Naaah ini dia...semua pasti ada jalannya kalo kita usaha dn benar koq, jadi jangan takut :-bd

Salam.
AGUS HARDIMAN
http://www.AgusHardiman.com - Jasa produksi musik & seminar audio
http://www.ArtSonica.com - HOME of ArtSonica
http://www.School.ArtSonica.com - Sekolah music production
http://www.Blog.ArtSonica.com - Artikel & tips audio GRATIS !
http://www.youtube.com/ArtSonica - Channel youtube
http://www.Books.ArtSonica.com - Buku audio & music production COMING SOON !
http://www.JobMusik.net - Situs Portal Jasa Musik Indonesia

Post: 27
Bergabung: 01 Jan 2014, 01:04

Re: Kuliah Musik ? Pro atau Kontra ?

Postoleh frhndwi » 13 Jan 2014, 13:32

Wow, ga nyangka. Jawabannya bener2 menginspirasi. Thanks untuk semua yang sudah share disini terutama om Agus Hardiman. Thanks juga buat motivasinya. Setelah saya pikir2 lagi, saya bukan tipikal orang yang belajar secara formal di bidang musik. Hampir 90% pengetahuan musik yangs saya punya, saya cari sendiri. Jadi saya putuskan untuk belajar sendiri lagi aja.

Sekali lagi, Thanks ! :D

Site Admin
Avatar pengguna
Post: 1583
Bergabung: 23 Des 2013, 06:53
Lokasi: Jakarta & Bandung

Re: Kuliah Musik ? Pro atau Kontra ?

Postoleh agushardiman » 13 Jan 2014, 18:37

xony menulis:Kalo udah yakin bahwa kompetensi mas Frhndwi di bidang tsb (apapun itu) berangkat aja mas \m/
Lbh afdol lg klo mas sdh punya fundamen musik yg bagus sebelum ambil kuliah tsb, krn kuliah musik tidaklah lama sementara membangun kemampuan musik / musical nauzubillah lama bgt / seumur hidup

Wow utk yg dicetak tebal mas Sony ^:)^
Betul sekali, kalaupun mau sekolah, itu hanya sebagian kecil dari proses pembelajaran kita menjadi manusia yg kompeten :D

xony menulis:Ini susah dan kudu bener sejak awal. Anak muda kudu hati2 "mengikuti kata hati" krn biasanya tidak berdasar pada kompetensinya tp lebih pada melihat hal2 yg dianggapnya memikat pada bidang tsb.

Wah betul juga...saya inget dulu waktu lulus SMA, keinginan jadi musisi menggebu2 & minta diantar bapak ke IKJ (Institut Kesenian Jakarta) dan ternyata tidak di terima, mungkin karena saya keliatan naif dulu oleh dosen2 disana...bayangkan ke sana pake kaus dgn tulisan 'Keyboard' =)) =))
Akhirnya saya kuliah 'normal' yg walau akhirnya setelah beres kuliah (bahkan sempet jadi dosen lab. komputer di almamater selama 2 tahun), saya balik lagi ke musik & tinggalin dunia non-musik...akhirnya nemu juga bahwa passion saya emang di musik. Dan terakhir, saya malah jadi dosen di IKJ, tempat yg dulunya saya mau masuk :D

Salam.
AGUS HARDIMAN
http://www.AgusHardiman.com - Jasa produksi musik & seminar audio
http://www.ArtSonica.com - HOME of ArtSonica
http://www.School.ArtSonica.com - Sekolah music production
http://www.Blog.ArtSonica.com - Artikel & tips audio GRATIS !
http://www.youtube.com/ArtSonica - Channel youtube
http://www.Books.ArtSonica.com - Buku audio & music production COMING SOON !
http://www.JobMusik.net - Situs Portal Jasa Musik Indonesia

Site Admin
Avatar pengguna
Post: 1583
Bergabung: 23 Des 2013, 06:53
Lokasi: Jakarta & Bandung

Re: Kuliah Musik ? Pro atau Kontra ?

Postoleh agushardiman » 13 Jan 2014, 18:43

frhndwi menulis:Setelah saya pikir2 lagi, saya bukan tipikal orang yang belajar secara formal di bidang musik. Hampir 90% pengetahuan musik yangs saya punya, saya cari sendiri. Jadi saya putuskan untuk belajar sendiri lagi aja.

Nah itu dia kamu udah bisa tau dirimu seperti apa, bagus ! :ymapplause:

Btw, sebenarnya kalaupun kita tipe yg bisa belajar sendiri, dengan sekolah yang bagus, hasilnya jadi lebih mantab koq. Jadi jangan hilangkan juga kesempatan utk sekolah :D

Mungkin yg mesti dipikirkan, sekolah S1 itu butuh waktu 4-5 tahun, pikirkan apa yg bisa dicapai dirimu dgn tanpa sekolah (tapi dgn banyaknya sumber belajar saat ini di online), dan bandingkan utk akhirnya ambil keputusan yg terbaik utk dirimu :-bd

Salam.
AGUS HARDIMAN
http://www.AgusHardiman.com - Jasa produksi musik & seminar audio
http://www.ArtSonica.com - HOME of ArtSonica
http://www.School.ArtSonica.com - Sekolah music production
http://www.Blog.ArtSonica.com - Artikel & tips audio GRATIS !
http://www.youtube.com/ArtSonica - Channel youtube
http://www.Books.ArtSonica.com - Buku audio & music production COMING SOON !
http://www.JobMusik.net - Situs Portal Jasa Musik Indonesia

Post: 366
Bergabung: 31 Des 2013, 03:10
Lokasi: USA

Re: Kuliah Musik ? Pro atau Kontra ?

Postoleh yphs_mst » 14 Jan 2014, 00:10

Jangan lupa statistik ... berapa banyak dokter, akuntan, arsitek dll? Angka profesi selain musisi biasanya tinggi2 ... ya secara otomatis kalau di buat statistik, bidang musik jelas dianggap paling susah dapet kerjaan. Tapi juga bandingkan dengan lulusan arkeologi, ahli bahasa jawa/sansekerta contohnuya ... itu lebih terbatas lagi .. jadi kalau statistiknya sampe ke daerah situ, ya jelas musisi lebih gampang dapet kerjaan ketimbang kerjaan2 yang sangat spesialis itu. Semua ada tempatnya ... :)

Site Admin
Avatar pengguna
Post: 1583
Bergabung: 23 Des 2013, 06:53
Lokasi: Jakarta & Bandung

Re: Kuliah Musik ? Pro atau Kontra ?

Postoleh agushardiman » 14 Jan 2014, 02:43

yphs_mst menulis:Jangan lupa statistik ... berapa banyak dokter, akuntan, arsitek dll? Angka profesi selain musisi biasanya tinggi2 ... ya secara otomatis kalau di buat statistik, bidang musik jelas dianggap paling susah dapet kerjaan. Tapi juga bandingkan dengan lulusan arkeologi, ahli bahasa jawa/sansekerta contohnuya ... itu lebih terbatas lagi .. jadi kalau statistiknya sampe ke daerah situ, ya jelas musisi lebih gampang dapet kerjaan ketimbang kerjaan2 yang sangat spesialis itu. Semua ada tempatnya ... :)

Hahaha betul sekali ...'semua ada tempatnya' :-bd
Dan lagi dunia audio ini terus berkembang, bahkan di saat resesi, orang tetap butuh musisi :D

Salam.
AGUS HARDIMAN
http://www.AgusHardiman.com - Jasa produksi musik & seminar audio
http://www.ArtSonica.com - HOME of ArtSonica
http://www.School.ArtSonica.com - Sekolah music production
http://www.Blog.ArtSonica.com - Artikel & tips audio GRATIS !
http://www.youtube.com/ArtSonica - Channel youtube
http://www.Books.ArtSonica.com - Buku audio & music production COMING SOON !
http://www.JobMusik.net - Situs Portal Jasa Musik Indonesia

Berikutnya

Kembali ke Brainware Pro Studio

Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: Tidak ada pengguna yang terdaftar dan 2 tamu