Kuliah Musik ? Pro atau Kontra ?

Bahas SDM alias manusia dibalik sebuah studio profesional juga tips 'n trick meningkatkan skill.
Peraturan Forum
Anda sudah login tetapi hanya bisa membaca postingan member lain ? Berarti Anda harus memperkenalkan diri terlebih dahulu secara lengkap pada subforum PERKENALAN MEMBER !
Untuk member yang sudah memposting perkenalan tapi masih belum bisa membalas postingan member lain berarti perkenalan Anda belum di approved admin. Silakan bersabar untuk menunggu 1 x 24 jam.
Apabila postingan Anda belum di approved setelah 1x24 jam, silakan kontak admin di webmaster@artsonica.com !
Post: 21
Bergabung: 03 Jan 2014, 20:24
Lokasi: Salatiga

Re: Kuliah Musik ? Pro atau Kontra ?

Postoleh Yafet Nugroho » 14 Jan 2014, 11:34

frhndwi menulis:Hai semua.

Berhubung sebentar lagi saya lulus SMA, saya punya niat untuk kuliah di jurusan musik. Tapi ketika saya sedang browsing di google dengan keyword "Kuliah Musik" yang muncul adalah "10 jurusan kuliah yang paling sulit mendapatkan pekerjaan." Saya langsung sedikit down. Menurut temen2 gimana nih ? sebaiknya saya ikutin kata hati untuk tetep kuliah dibidang musik atau kuliah di jurusan lain sambil ngembangin kemampuan musik saya ?

Mohon sarannya ya...


Haha..sy dulu juga kuliah musik mas, sy masuk kuliah itu benar2 dar nol..karena sy pengen bgt kuliah musik..denger kata hati jalan! Selama kuliah bener2 di gembleng utk belajar, kreatif, dan karyanya harus akademis (teoritis) :ymsigh: . x_x Di tahun ke-3 itu paling berat, dan semua teraudisi scr otomatis..20 orang di angkatan sy yg lulus smp finish cum 8 orang termasuk sy, yg lain keluar..krn dr awal mungkin dasar mereka masuk "kuliah musik itu enak". Dr awal sy membangun mindset "kerjaan musisi itu enak krn melakukan pekerjaan yg kita sukai, dont worry, optimis, tetep kerjakan ap yg jadi passion, dan jangan lupa berdoa sm Tuhan mas :ympray: pasti ada jalan haha!" (walopun diluar sana temen2 & saudara2 sy selalu tanya "tar lulus mau jadi apa, kerja apa, kemana??" ~x( Intinya bukan di kuliah dan gelar nya mas, tp waktu selama kuliah itu "anda ngapain??..dan harus tau tujuan kuliah anda apa?" Setelah lulus kuliah pun jg belum hebat gan, harus belajar lagi..dan belajar lagi, musik kan lifelong learning. Nah balik lagi ke mas, pertimbangkan lagi..jgn smp di tengah kuliah nti ky 12 temen sy lho hehe *lohhh...kok sy jd curcol :lol:

Sekarang banyak bgt lho pekerjaan bidang musik yg terbuka: jadi PNS mas :D , sekarang lagi butuh banyak guru musik tuh utk di kirim ke daerah2 hehehe, pelatih musik, guru les, marching band, pelatih musik gereja, pelatih paduan suara..dll dan itu bisa bikin "hidup bisa makan enak nti sm istri mas :-bd "

Salam,
www.soundcloud.com/yafetnugroho

Re: Kuliah Musik ? Pro atau Kontra ?

Sponsor

Sponsor
 

Post: 15
Bergabung: 30 Des 2013, 20:27

Re: Kuliah Musik ? Pro atau Kontra ?

Postoleh aresebastian » 14 Jan 2014, 21:08

lowongan kerja di indonesia kebanyakan nyari yg FRESH GRADUATE jd ga penting jurusan apa aja :P

Post: 3
Bergabung: 30 Des 2013, 18:25

Re: Kuliah Musik ? Pro atau Kontra ?

Postoleh shifair » 24 Jan 2014, 21:31

GospelKeyboardist menulis:
agushardiman menulis:Halo Farhan,
Udah baca topik ini ? Jadi Expert harus sekolah ya?

Kalo dari saya, mau sekolah atau belajar di jalanan, poinnya adalah kita mesti belajar dari semua sumber. Sama seperti kita mau ke suatu tempat/tujuan, kadang2 kita pake motor, kadang2 pake mobil, kadang2 pake angkot, bis, becak, jalan kaki dll. Jangan terpaku dgn satu cara saja karena justru itu yg bikin banyak hambatan, gunakan semua cara yg ada \m/

Saya sendiri punya sekolah audio dan dari ratusan murid saya, saya bisa ambil kesimpulan bahwa yg sukses adalah yang punya potensi / bakat awal dan kerja keras utk sukses dan punya passion / semangat yg tinggi. Kerja keras disini artinya jatuh bangun 1000x, ditolak dimana2 dan gak putus asa dll. Mereka bisa sukses karena ada passion yaitu mengerjakan sesuatu yg mereka cintai.

Kalau kamu punya mindset, saya sekolah supaya saya gak capek2 usaha, supaya saya dikasih tau aja cara mudahnya...saya jamin kamu gak akan sukses [-x

Nah utk dirimu, coba tanyakan apakah termasuk yg cepat putus asa atau tipe yg tahan banting ? Udah tau kan yg mana yg sukses ? :D

Ini berlaku utk semua bidang koq. Hanya bedanya di musik, kita mengerjakan sesuatu yg kita sukai, yg bagi saya, gak dibayarpun saya udah senang utk kerja :D

Jadi intinya bukan sekolahnya tapi orangnya sendiri yg menentukan sukses atau enggaknya ;)

Salam.


Syuperrrr Sekali Pak Agus

Betul saya setuju berat sama pernyataan Pak Agus.

Visi+Kerja Keras/Usaha kuat+Doa= Sukses

Itu yang selalu saya pegang, kebetulan saya dulu juga sekolah musik dan sempat juga
belajar ditempat Pak Agus tahun 2005 hehe (kok jd curcol)

Belajar/Bisnis apapun kamu harus All Out, kalo kita sudah All Out dan menjaga hidup benar, saya yakin kok Tuhan gak akan diem untuk memberikan RejekiNya.

Bahkan sy melihat banyak orang dulu kulian non musik, sekarang making money nya dibidang Musik hahaha...soalnya kerja yg kita sukai dan menghasilkan itu kepuasannya double.

Pak Agus Hardiman salah satu contoh hebat yg bisa kita lihat.
Lainnya ada Purwa Caraka dsb.

Tekun dan cintai apa yg kamu lakukan.

Hehe jadi ingat, masih byk ortu gak mau kasih anaknya nikah sama musisi hehe
Katanya ntar mo kasih makan apa? Tapi buktinya hari ini saya selalu makan enak sama istri saya hehe.
Semoga pengalaman saya dan masih byk musisi bisa jadi penyemangat buat kamu.
Gbu.

http://www.soundcloud.com/poleepapilaya


harus mulai darimanakah kita mempunyai penghasilan dari musik? apa kita kosentrasi dulu membuat demo terus menunjukkan ke radio / label-label tertentu gitu?

Post: 7
Bergabung: 01 Jan 2014, 16:13
Lokasi: Yogyakarta

Re: Kuliah Musik ? Pro atau Kontra ?

Postoleh lembahotak » 06 Feb 2014, 22:55

frhndwi menulis:Hai semua.

Berhubung sebentar lagi saya lulus SMA, saya punya niat untuk kuliah di jurusan musik. Tapi ketika saya sedang browsing di google dengan keyword "Kuliah Musik" yang muncul adalah "10 jurusan kuliah yang paling sulit mendapatkan pekerjaan." Saya langsung sedikit down. Menurut temen2 gimana nih ? sebaiknya saya ikutin kata hati untuk tetep kuliah dibidang musik atau kuliah di jurusan lain sambil ngembangin kemampuan musik saya ?

Mohon sarannya ya...


hello, iseng liat forum bebas dan ada topik yg sangat menggelitik untuk ikut beri pendapat.

saya adalah mahasiswa musik, walau bisa dibilang bukan kuliah musik secara murni. yang ingin saya tekankan sebelumnya, perkuliahan adalah suatu sistem, dimana didalamnya terdapat birokrasi dan juga kebijakan - kebijakan (bahkan politik). output dari hal - hal tersebut salah satunya adalah kurikulum. nah, nantinya setelah kita selesai dari hal tersebut kita akan terjun lagi ke sistem baru yang disebut pekerjaan. kuliah musik akan memberikan 'tanda' yang lebih kepada diri kita di beberapa pekerjaan yang memang sangat sistematis dan birokratis dalam memasukinya (singkatnya ijazah, indeks prestasi dan bla bla bla).

sepengetahuan saya, kurikulum pendidikan (dalam hal ini musik di perguruan tinggi) kurang memiliki tujuan yang jelas kepada murid, musik itu sangatlah luas, mulai dari musik sekedar memenuhi penghasilan (pengamen misal, mau ngamen di jalan sampe ngamen di hotel berbintang esensinya sama) musik sebagai seni (sebut saja seniman avant garde macam Slamet Abdul Sjukur) hingga musik kaitannya dengan ilmu pengetahuan (dari guru/instruktur musik, psikolog musik, pakar akustik, pengrajin instrumen, hingga sound engineer bisa masuk ke kategori ini). jadi mahasiswanya rata rata keblinger ntar mau terjun di 'daerah' musik yang mana.

kembali ke dirimu aja dulu, tanyakan kepada dirimu sendiri ingin bermusik macam apa ?

mengenai keterampilan bermusik secara teori, internet adalah portal luar biasa untuk informasi. misal kalo hanya untuk sekedar belajar teori musik habisi saja ilmu di link ini ~> http://www.daveconservatoire.org/course/music-theory -atau- http://oyc.yale.edu/music/musi-112#sessions . unduh semua video, cetak semua tulisan.
lalu untuk keterampilan instrumen intinya hanya satu, sediakan waktumu untuk latihan. jangan keluhkan mengenai modal, biaya (atau cari alternatif untuk mengatasinya). semua orang mampu mahir bermain instrumen jika niat dan bersedia meluangkan waktu lebih untuk latihan bahkan dengan peralatan perlengkapan sebutut dan semurah apapun. cari partner untuk latihan (sangat dianjurkan), panduan untuk latihan ? google it.
dan hei, kita belajar bersama tentang audio engineering di ArtSonica ini tanpa bertatap muka bukan ?

jadi intinya kembali ke paragraf pertama tadi, kuliah musik ada sistem yang akan mengarahkan kita dalam belajar, -dosen, kurikulum dan bla bla bla- namun pada akhirnya hal tersebut hanya akan memberi 'tanda' pada lulusannya. +1 kepada mas Yafet, kembali ke diri kita sendiri mau jadi lulusan yang berkualitas atau cuma keluar bawa 'tanda'.

semoga ini bisa membantu, cheers ! :D

salam bla bla bla :D
"To me music is the centre of the universe and the voice of the spirits and the voice of God and the voice of all the people who have lived and died...At least the ones I'm connected to." ~ John Frusciante

Site Admin
Avatar pengguna
Post: 1583
Bergabung: 23 Des 2013, 06:53
Lokasi: Jakarta & Bandung

Re: Kuliah Musik ? Pro atau Kontra ?

Postoleh agushardiman » 10 Feb 2014, 08:15

Nice share all ^:)^ ^:)^

Keep it coming :D

Sukses utk semuanya juga....banyak jalan menuju Roma koq

Salam.
AGUS HARDIMAN
http://www.AgusHardiman.com - Jasa produksi musik & seminar audio
http://www.ArtSonica.com - HOME of ArtSonica
http://www.School.ArtSonica.com - Sekolah music production
http://www.Blog.ArtSonica.com - Artikel & tips audio GRATIS !
http://www.youtube.com/ArtSonica - Channel youtube
http://www.Books.ArtSonica.com - Buku audio & music production COMING SOON !
http://www.JobMusik.net - Situs Portal Jasa Musik Indonesia

Site Admin
Avatar pengguna
Post: 1583
Bergabung: 23 Des 2013, 06:53
Lokasi: Jakarta & Bandung

Re: Kuliah Musik ? Pro atau Kontra ?

Postoleh agushardiman » 10 Feb 2014, 08:18

shifair menulis:harus mulai darimanakah kita mempunyai penghasilan dari musik? apa kita kosentrasi dulu membuat demo terus menunjukkan ke radio / label-label tertentu gitu?

Halo Shifair, ini topik yg berbeda dari bahasan topik ini. Silakan bikin topik baru, jangan di topik ini diskusinya ;)

Salam
AGUS HARDIMAN
http://www.AgusHardiman.com - Jasa produksi musik & seminar audio
http://www.ArtSonica.com - HOME of ArtSonica
http://www.School.ArtSonica.com - Sekolah music production
http://www.Blog.ArtSonica.com - Artikel & tips audio GRATIS !
http://www.youtube.com/ArtSonica - Channel youtube
http://www.Books.ArtSonica.com - Buku audio & music production COMING SOON !
http://www.JobMusik.net - Situs Portal Jasa Musik Indonesia

Post: 8
Bergabung: 10 Jan 2014, 01:36

Re: Kuliah Musik ? Pro atau Kontra ?

Postoleh panji semar » 13 Mei 2016, 11:35

frhndwi menulis:Hai semua.

Berhubung sebentar lagi saya lulus SMA, saya punya niat untuk kuliah di jurusan musik. Tapi ketika saya sedang browsing di google dengan keyword "Kuliah Musik" yang muncul adalah "10 jurusan kuliah yang paling sulit mendapatkan pekerjaan." Saya langsung sedikit down. Menurut temen2 gimana nih ? sebaiknya saya ikutin kata hati untuk tetep kuliah dibidang musik atau kuliah di jurusan lain sambil ngembangin kemampuan musik saya ?

Mohon sarannya ya...


agushardiman menulis:Nice share all ^:)^ ^:)^

Keep it coming :D

Sukses utk semuanya juga....banyak jalan menuju Roma koq

Salam.

waduh....thread lama banget...pdhl saya pengen jelasin pengalaman saya,krn saya kuliah jur musik...
hehe

Sent from my GT-I9500 using Tapatalk

Post: 8
Bergabung: 10 Jan 2014, 01:36

Re: Kuliah Musik ? Pro atau Kontra ?

Postoleh panji semar » 13 Mei 2016, 11:35

frhndwi menulis:Hai semua.

Berhubung sebentar lagi saya lulus SMA, saya punya niat untuk kuliah di jurusan musik. Tapi ketika saya sedang browsing di google dengan keyword "Kuliah Musik" yang muncul adalah "10 jurusan kuliah yang paling sulit mendapatkan pekerjaan." Saya langsung sedikit down. Menurut temen2 gimana nih ? sebaiknya saya ikutin kata hati untuk tetep kuliah dibidang musik atau kuliah di jurusan lain sambil ngembangin kemampuan musik saya ?

Mohon sarannya ya...


agushardiman menulis:Nice share all ^:)^ ^:)^

Keep it coming :D

Sukses utk semuanya juga....banyak jalan menuju Roma koq

Salam.

waduh....thread lama banget...pdhl saya pengen jelasin pengalaman saya,krn saya kuliah jur musik...
hehe

Sent from my GT-I9500 using Tapatalk

Sebelumnya

Kembali ke Brainware Pro Studio

Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: Tidak ada pengguna yang terdaftar dan 1 tamu